News

Dilantik Hari Ini, Belasan Panwaslu Kecamatan di Banjarbaru Mulai Efektif Bertugas

Bawaslu Kota Banjarbaru melantik belasan Panwaslu Kecamatan, Jumat (28/10/2022).

Featured-Image
Pelantikan Panwaslu Kecamatan di Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Fida

apahabar.com, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru secara resmi melantik 15 orang panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan, di Aula Gawi Sabarataan, Jumat (28/10).

Pelantikan itu otomatis sebagai tanda selesainya tahap seleksi Panwaslu kecamatan. Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin berharap kepada Panwaslu yang dilantik agar bisa lebih profesional.

"Kita harapkan kepada yang dilantik integritas dan profesionalisme nya terus ditingkatkan," ujar Ovie sapaan akrabnya.

Apalagi, lanjut Ovie, berkaitan dengan mentalitas dalam rangka Pilpres, Pemilu dan Pilkada yang akan dilaksanakan 2024 nanti.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjarbaru Dahtiar mengatakan bahwa ke 15 orang Panwaslu kecamatan ini berasal dari seleksi di 5 kecamatan di Banjarbaru.

"Setiap kecamatan akan ada 3 orang Panwaslu kecamatan. Mereka akan bertugas di kecamatan masing-masing dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024," jelas Dahtiar

Lebih lanjut diterangkannya, ke 15 Panwascam efektif bertugas sejak dilantik hari ini. Namun, sebelum diterjunkan ke lapangan, para komisioner Panwaslu kecamatan akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu.

“Tidak saja terkait dengan verifikasi faktual, tapi juga akan ada (tahapan) pemutakhiran data pemilih yang juga akan dibantu oleh Panwaslu kecamatan,” tambahnya.

Dahtiar menegaskan, semua kecamatan di Banjarbaru akan diawasi Panwaslu dengan sebaik-baiknya. Sesuai tugas dan wewenang yang telah diatur dalam Pasal 105, 106 dan 107 di Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Termasuk, menerima laporan terkait dengan dugaan pelanggaran di tingkat kecamatan,” tuntasnya.

Baca Juga: Lantik Panwaslucam, Ketua Bawaslu Tabalong Ingatkan Jaga Netralitas

Editor
Komentar