Pemkab Tabalong

Dihadiri Ahli Waris Penuntut, Upacara Harjad Tabalong Digelar di Taman Giat Kota Tanjung

Tanggal 1 Desember 2022, Kabupaten Tabalong tepat berusia 57 tahun

Featured-Image
Pada upacara peringatan hari jadi ke-57 Kabupaten Tabalong, Bupati Anang Syakhfiani, menandatangani sejumlah prasasti pembangunan di Bumi Sarabakawa. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG - Tanggal 1 Desember 2022, Kabupaten Tabalong tepat berusia 57 tahun. Memperingati hari jadi tersebut, Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar upacara di Taman Giat Kota Tanjung, Kamis (1/12).

Upacara tersebut dipimpin langsung Bupati H Anang Syakhfiani dengan peserta apel para pejabat dan ASN di lingkup Pemkab Tabalong.

Upacara itu juga dihadiri Forkopimda Tabalong, Instansi vertikal, perbankan dan perwakilan pimpinan perusahaan. Nampak hadir pula ahli waris penuntut berdirinya Kabupaten Tabalong.

Pada kesempatan itu, Sekda H Abdul Muthalib Sangadji membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tabalong setelah berpisah dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, 57 tahun lalu di Taman Giat Kota Tanjung ini setelah melalui proses yang panjang dan dihantui oleh segala keterbatasan akhirnya Menteri Dalam Negeri meresmikan daerah otonom Kabupaten Tabalong pada 1 Desember 1965 berpisah dari HSU.

"Bisa dibayangkan berpisahnya kita dari HSU itu tentu atas dasar keyakinan dari para penuntut kabupaten. Mereka yakin dan optimis bahwa Kabupaten Tabalong ini akan menjadi daerah otonom yang akan berkembang di masa depan," jelasnya.

Kata Anang, ketika tahun 70-an, dirinya masih kelas 4 SD di Sulingan, setiap hari Sabtu kalau pulang sekolah pasti ke pasar Tanjung untuk bermain.

"Saat itu ada proses pembangunan kantor bupati, jadi saya dan kawan-kawan melihat tukang bekerja. Dan yang  terbawa sampai tahun 2016 adalah kenapa di halaman di bagian depan kantor bupati itu ada tameng huruf T," tanyanya.

"Saya berpikir itu bukan sebuah hiasan, mengapa tidak ditampilkan saja lambang Tabalong yang berwarna-warni," imbuhnya.

Tahun 2016, lanjut Anang, dfia memahami "T" itu adalah akumulasi dari pemikiran para penuntut kabupaten yang berhasil diterjemahkan oleh Bupati Tabalong waktu itu, Usman Dundrung.

"'T' itu adalah terdepan, sehingga mulai tahun 2017 kita mulai melaunching Tabalong ini akan kita jadikan sebagai kabupaten terdepan, tidak saja di Kalimantan Selatan tetapi di Pintu Gerbang Ibu Kota Negera (IKN)," sebutnya.

Sebab itu, kata Anang, dirinya mengucapkan terima kasih secara khusus kepada keluarga penuntut Kabupaten Tabalong 

"Kalau dahulu para penuntut adalah sebagai inspirator bagi kemajuan Kabupaten Tabalong, tetapi saya ingin mengatakan bahwa keluarga penuntut sekarang adalah sebagai sumber inspirasi bagi majunya Tabalong, saya juga menghendaki lebih dari itu," ucapnya.

Anang bilang, setelah peringatan hari jadi acara puncak nanti tanggal 6 dirinya akan memberangkatkan keluarga penuntut kabupaten untuk melakukan kunjungan kerja studi tiru sekaligus ziarah

"Mudahah-mudahan tidak saja menjadi sumber inspirasi tetapi kembali menjadi inspirator bagi kemajuan Tabalong," terangnya.

Editor
Komentar