News

Dibuka Menhub Budi, Masuk Pameran IEMS 2022 Tidak Dipungut Biaya

apahabar.com, JAKARTA – Pengunjung yang tertarik hadir ke pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022) yang…

Featured-Image
Menhub Budi Karya Sumadi resmi membuka pameran IEMS 2022. (Foto: dok. BRIN)

apahabar.com, JAKARTA – Pengunjung yang tertarik hadir ke pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022) yang digelar pada 28-30 September tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Pengunjung yang ingin menyaksikan pameran kendaraan listrik hanya perlu melakukan registrasi melaui https://electricmotorshow.id/visitor-register.html.

Usai mendaftar, pengunjung akan mendapatkan barcode melalui email yang didaftarkan untuk ditukarkan tiket pada loket masuk IEMS 2022.

Adapun pameran yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan ini dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya Menhub Budi mengapresiasi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan pabrikan kendaraan bermotor yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya apresiasi peneliti dan pabrikan yang secara aktif melakukan kegiatan. Ini artinya kita sudah maju pada tahapan kendaraan Electric Vehicle,” katanya saat membuka IEMS 2022 di Jakarta, Rabu (28/9).

Pada ajang bertajuk “Strenghtening Autonomous Ecosystem” ini, penyelenggara ingin mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang Autonomous Vehicle (AV).

Ajang Sosialisasi Ekosistem Kendaraan Listrik

Sebelumnya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS 2022 merupakan ajang untuk mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Menurutnya, pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom.

“Teknologinya mencakup sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision,” ujarnya.

“Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system,” sambungnya.

IEMS 2022 sendiri didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero), serta diikuti oleh 50 peserta pameran.

Sebut saja PT Volta Indonesia Semesta, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Qualis Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI), PT SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), PT Indonesia Battery Corporation, PT Davigo Artha Luas, PT Dharma Polimetal Tbk, PT Astra Honda Motor dan lain sebagainya.

Komentar