News

Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom

apahabar.com, JAKARTA – Asosisasi Pegiat Kratom menyatakan bahwa menurut Staf Kepresidenan kratom memiliki tiga manfaat. Hal…

Featured-Image
Kratom. Foto: Kompas.com

apahabar.com, JAKARTA - Asosisasi Pegiat Kratom menyatakan bahwa menurut Staf Kepresidenan kratom memiliki tiga manfaat. Hal ini membuat anggapan kratom lebih berbahaya 40 kali dari narkoba menjadi semakin berkurang. Perwakilan Asosiasi Pegiat Kratom di Pontianak Agus Widhiyanto menjelaskan saat ini sekitar 95 persen atau hampir sebagian besar produksi kratom diekspor ke Amerika.

"Artinya dari segi kesehatan memang sangat membantu artinya kalau memang barang ini berbahaya secara logika saja pasti sudah banyak yang menjadi korban karena sekian banyak yang di ekspor ke Amerika," ujarnya dalam Round Table Disccusion Urgensi Keberlangsungan Perdagangan Kratom di Auditorium Kementerian Koperasi dan UMKM Jakarta, Rabu (10/8).

Agus mengatakan kratom juga dapat memberi manfaat di sisi ekonomi. Sebab, hampir 200.000 petani di Kalimantan Barat mengandalkan kratom hingga sampai saat ini. Selain itu, dari sisi lingkungan menurutnya kratom bisa tumbuh di lingkungan yang memang dalam kondisi kritis.

Agus juga berharap dengan mengangkat tema Continous Safe and Secure Supply Chain bisa terus menajalin kerjasama dengan pihak Amerika. Saat ini asosiasi telah menemui KSP untuk mengulas isu mengenai rencana akan dimasukannya kratom ke dalam zat narkotika golongan satu yang ini menurut fakta terbaru dapat dibantah, sehingga supply chain masih bisa terus berlangsung.

"Kami menghadirkan fakta terbaru bahwa kratom itu tidak seperti itu dan sudah mendapatkan titik terang bahwa kratom ini lebih banyak manfaatnya daripada ketidak manfaatnnya," tutupnya. (Thomas)

Tags
News
Komentar