Sport

Deretan Wasit dengan Bayaran Tertinggi di Dunia. Nomor 5 Sering Memimpin Liga Inggris!

apahabar.com, JAKARTA – Sepak bola tidak hanya membicarakan sebuah tim atau para pemainnya.  Seorang Wasit juga…

Featured-Image
Mark Clattenburg / Telegraph

apahabar.com, JAKARTA – Sepak bola tidak hanya membicarakan sebuah tim atau para pemainnya.  Seorang Wasit juga menarik untuk dibicarakan. Wasit menjadi salah satu tokoh penting yang harus ada di dalam setiap pertandingan. Tanpa adanya seorang wasit, sepak bola tentu tidak akan berjalan dengan baik.

Sebagai orang yang memimpin jalannya pertandingan, wasit mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap “rules of the game” atau peraturan yang ada di dalam lapangan. Selain itu, seorang wasit harus mempunyai kejelian, ketegasan, dan juga fisik sekaligus mental yang kuat untuk mengatur 22 orang pemain di atas lapangan dan agar pertandingan tetap berimbang dan adil.

Tapi tidak banyak yang memperhatikan, ternyata gaji seorang pengadil di lapangan sepak bola nyatanya sangat tinggi. Terlebih lagi di Sepak bola Eropa, sederet wasit dengan nama mentereng ternyata memiliki tarif yang cukup fantastis untuk memimpin satu pertandingan.

Lantas siapa saja wasit yang memiliki gaji tertinggi di setiap pertandingan yang dipimpinnya?

  1. Bjorn Kuipers

Bjorn Kuipers merupakan wasit Internasional yang berasal dari Oldenzaal, Belanda. Bjorn merupakan seorang mantan pesepak bola yang sudah terdaftar sebagi wasit FIFA sejak 2006 silam.

Tidak hanya itu, ia juga terdaftar sebagai wasit Elite UEFA sejak 2009. Diketahui gajinya menembus Rp 145 juta per laga.

Meski memiliki gaji yang cukup tinggi, namun kini Bjorn sudah tak bisa lagi meraup keuntungan dari pekerjaannya sebagai wasit. Ia memutuskan untuk pensiun sebagai wasit pada Agustus 2021 lalu.

  1. Cuneyt Cakir

Sama halnya dengan Bjorn, Cuneyt Cakir merupakan seorang wasit yang memiliki gaji yang cukup tinggi.

Ia dibanderol dengan harga serupa dengan Bjorn, sekitar Rp 145 juta per laga. Pria yang berasal dari Turki tersebut diketahui sudah menjadi bagian dari anggota UEFA Elite sejak tahun 2010.

Sedangkan, ia sudah bertugas di FIFA sejak 2006. Adapun sederet pertandingan yang sudah ia pimpin diantaranya adalah ajang Liga Champions.

Prestasinya sebagai wasit terbaik kedua di dunia berdasarkan penampilan mulai dari 2010 hingga 2020.

  1. Felix Brych

Wasit yang berasal dari Jerman Barat ini termasuk sebagai salah satu wasit yang bayarannya fantastis, mencapai Rp 145 juta per laga dan dia bekerja untuk SV Am Heart.

Tidak hanya itu, Felix juga merupakan seorang yang memiliki gelar doktor hukum dan termasuk salah satu wasit yang memimpin pertandingan di Piala Dunia 2018 lalu.

  1. Damir Skormina

Damir Skormina Lahir di SR Slovenia, Yogoslavia dan merupakan salah satu wasit Eropa yang memiliki bayaran tertinggi sebesar Rp 145 Juta hanya dengan sekali pertandingan.

Ia termasuk anggota UEFA Elite dari Slovenia, pemiliki gaji tertinggi kedua dalam kategori UEFA Elite serta selalu menjadi langganan dalam memimpi laga-laga besar.

  1. Mark Clattenburg

Siapa yang tak kenal dengan Mark Clattenburg, sosoknya yang selalu menuai kontroversi selama memimpin pertandingan. Nama besarnya membuat para pencinta sepak bola Inggris terbagi menjadi dua kubu. Terlepas dari hak tersebut, Mark merupakan wasit yang memiliki bayaran tertinggi di dunia.

Gajinya yang mencapai Rp 9,4 Miliar per tahun, membuatnya menjadi salah satu wasit terbaik di Eropa. Gaji tersebut di dapat setelah ia memutuskan untuk hengkang dari Liga Inggris menuju Liga Arab Saudi pada tahun 2017 lalu.

Pengalamannya memimpin di lapangan pun menjadikan ia sebagai wasit Liga Primer dan Asosiasi Sepak Bola Durham Countrty hingga termasuk anggota wasit FIFA. Pertandingan besar pun pernah ia pimpin diantaranya yaitu Final Liga Champions tahun 2016 dan Final UEFA Euro di tahun yang sama.

Nah, itulah 5 wasit dengan bayaran termahal di dunia. Mana nih yang merupakan wasit yang paling kalian suka saat memimpin pertandingan di lapangan?

Komentar