Hot Borneo

Stadion Olahraga Banjarbaru Akan Dibangun Berstandar FIFA, Anggarannya Ratusan Miliar

Laporan akhir Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Stadion Olahraga di Banjarbaru di ekspos ke publik, Kamis (8/12).

Featured-Image
Miniatur Stadion Olahraga BanjarbaruFoto-apahabar/Fida

apahabar.com, BANJARBARU - Laporan akhir Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Stadion Olahraga di Banjarbaru di ekspos ke publik, Kamis (8/12).

Stadion yang bakal dibuat berstandar Federation International de Football Association (FIFA) akan dibangun dengan anggaran kurang lebih Rp350 miliar.

Arsitek dari PT Bima Arsihas, Ir Benny Dhanio, mengatakan Stadion Olahraga Banjarbaru akan memiliki belasan akses keluar masuk pengunjung.

"Akses keluar masuk ada 12. Setiap akses memiliki kapasitas 2 ribu orang dalam kurun waktu 10 menit," jelasnya.

Baca Juga: Ketergantungan Mbappe dan Giroud, Prancis Mesti Waspada "Kuncian" Barisan Belakang Inggris

Banyaknya akses masuk itu juga sebagai antisipasi agar tidak terjadi tragedi seperti di Stadion Kanjuruhan.

Benny menjelaskan untuk memenuhi standar stadion FIFA, ada banyak komponen yang akan menjadi perhatian, seperti pemilihan rumput di lapangan sepak bola, hingga penggunaan lampu sorot.

"Kami yakini representatif, karena kami mengacu ke standar FIFA. Mestinya bisa berhasil," ucapnya.

Dia menjelaskan anggaran Rp350 miliar itu belum termasuk sarana dan prasarana lainnya seperti lampu sorot, kursi, dan sarana pendukung lainnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Banjarbaru, Nina Aprodita, membenarkan jika Stadion Olahraga Banjarbaru itu telah dirancang sesuai dengan standar FIFA.

"Stadion itu nantinya bakal mampu menampung 23.600 penonton. Dari keseluruhan perencanaan ini sudah final tetapi untuk detail-detail teknis memerlukan pembahasan lebih lanjut," ucapnya.

Meski demikian, Nina belum bisa memastikan, kapan Stadion Olahraga Banjarbaru tersebut mulai dibangun karena berkaitan dengan pendanaan.

"Sekarang Pemkot Banjarbaru sedang berusaha agar pembangunan ini bisa didanai baik dari APBN atau kerja sama dengan badan usaha dan lain sebagainya," terangnya.

Sembari menunggu biaya pembangunan, pihaknya bakal mengurus perizinan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Baca Juga: Bertahun-tahun di Tapin, WNA Asal Bangladesh Terpaksa Dideportasi

"Amdal rencananya tahun depan, jadi nanti sesuai dengan peraturan yang ada," jelasnya.

Stadion Olahraga Banjarbaru dirancang memiliki empat lantai dengan luas bangunan 28.785 M2, dilengkapi dengan empat tribun, barat, utara, timur dan selatan, dan lapangan sepak bola berukuran 105 M x 68 M.

Editor
Komentar