Relax

Dear Bunda, Deretan Makanan Ini Nggak Perlu Masuk Kulkas ya!

apahabar.com, JAKARTA – Ketika selesai belanja bulanan di supermarket atau di pasar, tujuan utama ketika sampai…

Featured-Image
Makanan yang tidak perlu dimasukkan kulkas (Fptp: Grid. ID)

apahabar.com, JAKARTA – Ketika selesai belanja bulanan di supermarket atau di pasar, tujuan utama ketika sampai rumah pastinya ke dapur dan menyusun belanjaan ke dalam kulkas.

Teknologi yang diciptakan oleh Jacob Perkins sejak 1835 ini memang difungsikan sebagai lemari pendingin untuk menyimpan aneka bahan makanan maupun segala sesuatu yang perlu dijaga temperaturnya.

Kulkas dikenal luas sebagai wadah mempertahankan kesegaran sayur, buah, makanan maupun minuman. Namun taukah Anda, bahwa ada beberapa deretan makanan yang tidak harus masuk kulkas dan ternyata lebih cocok untuk menyimpan di suhu ruangan saja.

1. Melon

Melon memiliki kadar air yang tinggi, yakni sebanyak 95% sehingga memberikan efek menyejukkan. Pada suhu ruangan, melon memiliki antioksidan beta-karoten 2x lipat dan likopen 20% lebih banyak.

Maka dari itu melon cukup disimpan di suhu ruangan saja. Namun, apabila melon sudah terpotong, sebaiknya disimpan di kulkas untuk mempertahankan kesegaran melon tersebut.

2. Pisang

Pisang juga merupakan buah yang lebih cocok disimpan di suhu ruangan untuk proses pematangan yang baik. Karena jika pisang disimpan di suhu dingin, proses pematangan pisang akan terhambat.

3. Roti

Roti adalah bahan pangan yang berbahan dasar tepung terigu yang di fermentasi dengan ragi roti atau bahan pengembang lainnya yang diolah dengan cara dipanggang.

Namun, penyimpanan roti di kulkas juga bukan merupakan pilihan yang tepat. Karena suhu kulkas yang tidak terlalu dingin menyebabkan proses pembekuan kurang maksimal, hingga menyebabkan roti akan lebih cepat berjamur.

4. Rempah-rempah

Ternyata rempah rempah seperti jinten, merica, ketumbar tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Karena rempah rempah dapat menyerap aroma makanan lainnya. Selain itu rempah rempah akan berubah menjadi bau, kering dan kehilangan rasa aslinya. Karena itulah, sebaiknya menyimpan bumbu rempah-rempah diatas cukup disimpan di suhu ruangan.

5. Kentang

Menyimpan kentang tidak disarankan untuk disimpan didalam kulkas.

Sebab suhu dingin pada kulkas akan mengubah pati menjadi gula lebih cepat. Hal ini akan membuat rasa kentang menjadi manis dan tekstur kentang akan menjadi keras. Maka dari itu, kentang baiknya disimpan di suhu ruangan saja.

6. Madu

Kualitas madu akan tetap terjaga apabila disimpan dengan benar. Mulai dari pemakaian sendok, sebaiknya dengan sendok plastik, karena sendok besi bisa menyebabkan korosi. Untuk penyimpanan madu sangat tidak disarankan menyimpannya di kulkas, sebab hal itu justru mempercepat proses kristalisasi madu.

Itulah sejumlah bahan makanan yang sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan saja dan bukan di dalam kulkas. Semoga informasi ini bermanfaat ya! (Monika)

Komentar