Hiburan

Dari Tinggal Kenangan hingga Gloomy Sunday, Sederet Lagu Ini Diduga Bisa Panggil Hantu

Mendengarkan lagu adalah hal yang digemari hampir semua orang. Berbagai genre musik dari rock, pop, jazz, klasik, dan sebagainya.

Featured-Image
Dari Tinggal Kenangan hingga Gloomy Sunday, Sederet Lagu Ini Diduga Bisa Panggil Hantu. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Mendengarkan lagu adalah hal yang digemari hampir semua orang. Berbagai genre musik dari rock, pop, jazz, klasik, dan sebagainya.

Namun, bagaimana jika lagu yang sering didengar ternyata berkaitan dengan hal mistis dan bahkan bisa menjadi media untuk memanggil hantu?

Populer pada zamannya, lagu-lagu di bawah ini disebut terdapat kisah mistis bahkan bisa berdampak buruk.

1. Lingsir wengi

Lagu yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Lingsir wengi sempat menjadi populer pada film horor 'Kuntilanak' pada beberapa tahun lalu.

Lirik dan melodi dari lagu 'Lingsir wengi' sangat pas dinyanyikan pada malam Jumat Kliwon. Lantunan lirik jawa serta melodi gamelan di lagu ini bisa buat bulu kuduk berdiri.

Dari situlah, lagu ini mistis dan kerap dikatakan bisa media pemanggil hantu Kuntilanak.

2. Nina bobo

Dikenal lagu untuk anak-anak, ternyata Nina Bobo dipercaya sebagai lagu pemanggil hantu. Dari sebuah cerita yang beredar, Nina bobo mengisahkan tentang anak kecil perempuan bernama Nina yang merupakan anak keturunan Belanda.

Namun nahas, Nina meninggal di usia 4 tahun. Lagu ini sebelumnya dibuat oleh sang ibu untuk menidurkan anaknya.

Lantaran mengalami depresi dan kesedihan mendalam karena ditinggalkan sang anak, ibu Nina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Nina bobo pun dibilang mistis karena lagu untuk orang meninggal.

3. Tinggal kenangan

Sempat populer sekitar tahun 2007-2008 lagu Tinggal kenangan sempat heboh dan jadi perbincangan di internet. Dikisahkan lagu ini tentang wanita bernama Gaby yang bunuh diri karena kekasihnya menjadi salah satu korban kecelakaan tragis.

Lagu ini sebenarnya enak saat didengar karena liriknya yang pas di hati. Sayangnya, Tinggal kenangan disebut lagu pemanggil hantu karena sosok arwah Gaby yang meninggal tersebut akan merasa terpanggil.

4. Asereje

Berikutnya datang dari luar negeri. Asereje dipopulerkan oleh grup musik Last Ketchup di tahun 2002 dengan iringan lagu yang enerjik ini sempat heboh karena dianggap sebagai lagu pemujaan setan.

Katanya, ada suku asal laut Afrika bagian barat yang disebut suku Assab, menggunakan lagu Asereje dalam ritual memanggil arwah orang-orang yang telah meninggal.

5. Gloomy sunday

Yang terakhir lagu Gloomy Sunday yang dikenal sebagai lagu kematian. Ini bermula pada 1933, saat Lazzlo Javor menulis lagu tersebut.

Awalnya, lagu itu dikarang Lazzlo sang kekasih. Akan tetapi, sesaat setelah peluncuran Gloomy Sunday, kekasihnya bunuh diri dan meninggalkan surat terakhir bertuliskan Gloomy Sunday.

Sejak saat itu banyak kejadian aneh seperti angka bunuh diri naik tajam yang disebabkan oleh lagu Gloomy Sunday. Salah satunya seorang pegawai negeri Hongaria, ia bunuh diri dengan menembak diri setelah mendengar lagu ini.

Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kertas lirik lagu Gloomy Sunday. Pada akhirnya lagu tersebut dilarang diputar di tempat umum untuk menghindari hal-hal buruk terjadi.

Editor
Komentar