BPJS Kesehatan Barabai

Dari Pengalaman, Eka Berharap Program JKN-KIS Terus Ada

Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digawangi BPJS Kesehatan sangat disyukuri Eka (25).

Featured-Image
Eka saat menunggu antrean untuk mendaftarkan sang buah hati pada Program JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Balangan Cabang Barabai, Selasa (22/11)./Foto: Feri for apahabar.com

apahabar.com, PARINGIN – Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digawangi BPJS Kesehatan sangat disyukuri Eka (25).

Warga Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai Kabupaten Balangan ini merasakan langsung manfaat JKN-KIS. Terutama soal penjaminan kesehatannya.

Ya, keluarga Eka terdaftar pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah setempat. Iuran JKN-KIS bulanannya telah ditanggung pemerintah.

Meski tak membayarkan iuran dengan merogoh kantong sendiri, Eka tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan. Dia merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan di tingkat pertamanya (FKTP) tempatnya terdaftar.

“Setiap kali saya ke Faskes selalu dilayani dengan baik. Seperti dekat sebagai keluarga sendiri,” kata ibu rumah tangga itu.

Eka kerap menggunakan KISnya di puskesmas yang dekat dengan rumahnya. Di sana dia sering memeriksakan kesehatannya.

Pengalaman menggunakan KIS juga dirasakan Eka saat melahirkan anak pertamanya.

"Ternyata melahirkan dengan menggunakan jaminan KIS juga bisa bahkan tidak keluar uang speser pun,” aku Eka.

Berangkat dari pengalaman pribadinya tersebut, Eka berharap Program JKN akan terus berlangsung karena manfaatnya yang jelas dan penjaminannya yang menyeluruh.

“Pokoknya sampai nanti-nanti juga JKN ini harus ada terus, karena program ini sangat bisa saya andalkan ketika perlu untuk berobat,” pinta Eka.

Editor
Komentar