BPJS Kesehatan Barabai

Dari Kantor BPJS Kesehatan Barabai, Ros Kecantol Mobile JKN-KIS

apahabar.com, BARABAI – Ada pengalaman baru yang didapat Rosmala Dewi (44) ketika berkunjung ke kantor BPJS…

Featured-Image
Aplikasi Mobile JKN-KIS sudah terpasang di gawai Rosmala Dewi. Foto-Feri for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Ada pengalaman baru yang didapat Rosmala Dewi (44) ketika berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Dia kecantol kemudahan pelayanan non tatap muka dari inovasi BPJS Kesehatan.

Mulanya, Ros ini ingin melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di mana dia terdaftar sebelumnya.

Di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai itu, dia justru mendapat buah tangan.

Ros yang kala itu datang tanpa berbekal berkas apapun. Dia hanya berniat untuk menanyakan apa saja syarat yang harus ia lengkapi guna mengurus keperluannya.

Namun, apa yang diperolehnya justru di luar dari ekspektasinya. “Saya kan awalnya cuma ingin tanya-tanya dulu apa syaratnya kalau mau pindah Faskes, biar besoknya saya kekantor BPJS Kesehatan lagi buat ngurusnya,” aku Ros yang berprofesi sebagai guru Inim.

Dari pegawai di kantor itu, Ros malah diberikan kemudahan dengan sebuah aplikasi. Cukup mengunduh aplikasi Mobile JKN-KIS lewat App Store atau Play Store di gawai.

Dia dipandu oleh pegawai di Kantor BPJS Kesehatan prihal penggunaannya. Mulai dari membuat akun hingga melakukan perubahan data.

“Karena diajarin pakai aplikasi itu jadinya malah langsung selesai saat itu, luar biasa,” kata Ros.

Ros menyebut, inovasi ini merupakan hal baru yang sangat bermanfaat baginya. Menurutnya, penyebaran informasi terkait hal positif seperti ini harus dilakukan seluas mungkin agar terus bermanfaat bagi masyarakat yang belum mengetahuinya.

Ros nampak tak segan menyampaikan, dirinya akan mengajak rekan-rekan di tempat kerjanya untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN-KIS.

“Banyak yang dikasih tahu kepada saya manfaat dari aplikasi Mobile JKN ini, saya jadi tahu bahwa saya bisa cek status kepesertaan dan ubah data peserta, saya juga bisa konsultasi sama dokter secara online dan bisa boking jadwal pelayanan lewat fitur antrean online,” tutup Ros.

Komentar