Sport

Daftar 7 Klub Sepak Bola Termahal di Dunia, Ada Jagoan Kamu?

apahabar.com, JAKARTA – Daftar terbaru klub Sepak Bola termahal di dunia baru saja dirilis oleh majalah…

Featured-Image
Real Madrid jadi klub termahal di dunia. Foto: istimewa)

apahabar.com, JAKARTA – Daftar terbaru klub Sepak Bola termahal di dunia baru saja dirilis oleh majalah ternama Forbes. Tim raksasa Spanyol, Real Madrid didapuk menjadi klub sepak bola termahal di dunia.

Tim yang sudah menjuarai Liga Champions sebanyak 14 kali itu berhasil menggeser rival abadi mereka, yaitu Barcelona yang sebelumnya berada di posisi teratas sebagai klub sepak bola termahal pada tahun lalu.

Beberapa tahun terakhir, deretan klub sepak bola termahal 2022 ini rata-rata berasal dari liga top Eropa dan memiliki segudang prestasi yang membanggakan.

Lantas, tim mana saja yang masuk ke dalam daftar klub sepak bola termahal di dunia 2022?

Real Madrid

Menurut Sport Brief, Real Madrid adalah klub sepak bola terkaya di dunia tahun ini. Setelah menjuarai Liga Champions musim lalu, pundi-pundi kekayaan klub Ibu Kota Spanyol ini semakin meningkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, El Real memang selalu berada di urutan 5 besar dalam daftar klub sepak bola termahal di dunia. Misalkan pada tahun 2019 lalu, klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut menempati posisi pertama.

Akan tetapi, di musim berikutnya atau tepatnya pada 2021 Real Madrid harus rela turun tahta dan digantikan posisinya oleh Barcelona yang menempati posisi ke-1 sebagai klub bola termahal di dunia.

Berkat pencapaian dan prestasi yang ditorehkan oleh anak asuh Marco Ancelotti ini, valuasi Real Madrid mengalami peningkatan sampai 7%. Nilai valuasi klub tersebut semula Rp70 triliun, kini naik menjadi Rp75 triliun

Sekarang Real Madrid sudah dinobatkan oleh Forbes sebagai klub sepak bola termahal di dunia 2022, dengan pendapatan operasionalnya mencapai Rp1,3 triliun.

Barcelona

Ada banyak faktor mengapa posisi Barcelona sebagai klub sepak bola termahal di dunia turun menjadi peringkat ke-2. Menurut beberapa sumber, krisis finansial yang kini tengah menerpa tim asal Spanyol ini adalah penyebab utamanya.

Meski sedang mengalami krisis finansial, namun ada fakta yang tidak bisa disangkal. Bahwa Blaugrana adalah salah satu klub sepak bola terkaya di dunia saat ini.

Menurut Forbes, nilai valuasi Barcelona sebenarnya sama dengan Real Madrid yakni sebesar Rp75 triliun. Hanya saja pertumbuhan valuasi tim yang diperkuat oleh striker tajam Robert Lewandowski ini selama satu tahun hanya sekedar 5%.

Meski begitu, Barca tetap masuk sebagai klub termahal di dunia 2022, meskipun pendapatan operasional turun Rp252 juta. Dari catatan tahun lalu Rp920 juta

Manchester United

Setelah kedatangan pelatih anyar terbaru mereka Erik Ten Hag, performa MU belakangan mulai membaik. Tim besar seperti Liverpool dan Arsenal sudah menjadi korban The Red Devils.

Meski dalam beberapa tahun terakhir Tim yang kembali dibela Cristiano Ronaldo ini belum meraih prestasi yang bagus, namun pertumbuhan valuasi tim ini dalam satu tahun mencapai 10%. Nilai valuasi Manchester United sekarang adalah Rp68 triliun.

Sementara untuk pendapatan operasionalnya tercatat senilai Rp128 triliun. MU berhasil menempati posisi ke-3 klub sepak bola termahal di dunia 2022 versi Forbes.

Liverpool

Berdasarkan laporan Deloitte Football Money League Read, tim elit asal Inggris yakni Liverpool diperkirakan memiliki kekayaan bersih sampai Rp60 triliun. Angka ini menjadikan The Reds, sebagai salah satu klub sepak bola terkaya di Liga Inggris.

Menurut Forbes, nilai valuasi The Kops saat ini mencapai Rp66 triliun. Dibandingkan tahun lalu, angka pertumbuhan valuasi tim ini sekitar 9 %. Menempati posisi ke-4 klub sepak bola termahal di dunia 2022, Liverpool tercatat memiliki pendapatan operasional sebesar Rp1,5 miliar.

Bayern Munchen

Di urutan ke-5 klub sepak bola termahal di dunia saat ini ada tim dengan julukan FC Hollywood atau yang akrab disapa Bayern Munchen. Tim yang kini diperkuat oleh Sadio Mane ini memiliki nilai valuasi mencapai Rp63 triliun dengan pertumbuhan valuasi dalam satu tahun hanya 1%.

Meski begitu, Bayern Munchen tetap masuk dalam jajaran klub sepak bola terbaik di dunia. Menurut Forbes, pendapatan operasional Bayern Munchen sekitar Rp1,5 miliar.

Manchester City

Setelah mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund dengan mahar senilai 75 juta Euro, lini depan Manchester City kini semakin tajam. Hal ini dibuktikan oleh statistik Haaland yang berhasil tampil gacor dengan membuat gol demi gol untuk tetangga Manchester United tersebut.

Sama halnya dengan performa The Citizen yang bagus, nilai valuasi klub ini juga terbilang sangat besar yakni Rp63 triliun dan pertumbuhan valuasinya sampai 6%.

Klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini memiliki pendapatan operasional sebesar Rp2,3 miliar.

Paris Saint Germain (PSG)

Meski sudah dihuni oleh banyak pemain bintang seperti Lionel Messi, Neymar Jr, dan Kylian Mbappe, lantas tidak membuat PSG berada di urutan 5 besar klub sepak bola termahal di dunia.

Tim yang paling mendominasi di ajang Ligue 1 ini, harus puas menempati posisi ke-7 dalam daftar ini. Menurut Forbes, nilai valuasi PSG mencapai Rp47 triliun.

Dibandingkan dengan tahun lalu, pertumbuhan valuasi PSG terbilang sangat cepat yaitu hingga 28%. Adapun pendapatan operasionalnya terhitung senilai Rp1,5 miliar.

Reporter: Adit

Komentar