Hot Borneo

Cuaca Ekstrem, BPBD Tanbu Pinta Masyarakat Waspada

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengimbau masyarakat waspada. Sebab,…

Featured-Image
Cuaca mendung dan hujan di kawasan Simpang Empat, Senin (29/8) pagi. apahabar.com/Syahriadi.

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengimbau masyarakat waspada.

Sebab, sejak beberapa hari terakhir Bumi Bersujud kerap kali diterpa hujan disertai angin kencang dan berpetir.

“Masyarakat harus waspada dengan cuaca kita saat ini yang lumayan ekstrem,” pinta Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dwi Kesuma Putra, kepada apahabar.com, Senin (29/8).

Dwi Kesuma mengimbau khususnya masyarakat yang dekat dengan lokasi infrastruktur seperti tiang listrik serta pepohonan agar lebih berhati-hati jika turun hujan lebat.

“Waspada cuaca. Terutama daerah yang rawan banyak pepohonan dan infrastruktur tiang,” ucapnya.

Waspada! Hujan Petir Ancam Tanah Bumbu-Kotabaru Siang Ini

Kemudian, kepada masyarakat yang berada dekat dengan pesisir laut atau pantai dan bantaran sungai, Dwi Kesuma juga meminta lebih waspada.

“Angin sangat kencang di daerah pesisir, kemudian juga kondisi hujan yang tinggi, jadi masyarakat harus lebih waspada dengan puting beliung serta meluapnya air atau banjir,” ujarnya.

Demikian juga bagi masyarakat daerah pegunungan, Dwi Kesuma mengimbau untuk berhati-hati dengan insiden tanah longsor atau pohon tumbang.

“Kondisi cuaca ekstrem ini diprediksi akan masih terjadi beberapa hari ke depan. Semua harus tetap waspada untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Apabila terjadi bencana segera lapor ke aparatur desa, aparatur kecamatan dan BPBD Tanah Bumbu. Sehingga secepatnya, dilakukan upaya pertolongan, dan penyelamatan baik harta benda dan jiwa oleh petugas yang menangani.

Komentar