Pemkab Hulu Sungai Tengah

Chairansyah-Berry Purnatugas, Faried Isi Kekosongan Sementara Kursi Bupati HST

apahabar.com, BARABAI – Masa jabatan bupati dan wakil bupati di Hulu Sungai Tengah (HST) tinggal menghitung…

Featured-Image

apahabar.com, BARABAI – Masa jabatan bupati dan wakil bupati di Hulu Sungai Tengah (HST) tinggal menghitung hari.

Per 17 Februari ini HA Chairansyah dan Berry Nahdian Forqan secara resmi meninggalkan jabatannya sebagai bupati dan wakil bupati HST.

Pjs Sekda HST, Faried Fakhmansyah menyebutkan sesuai intruksi Mendagri, dia akan menyandang jabatan sebagai Plh Bupati.

Jabatan itu diisi sebelum Aulia Oktafiandi-Mansyah Sabri, bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Desember 2020 tadi dilantik.

“Hal ini menjadi tanggung jawab baru lagi bagi saya dan mohon dukungan semua pihak,” kata Faried saat hadir dalam agenda silaturahmi dan pengantar purnatugas bupati-wakil bupati priode 2016-2021di Pendopo Bupati setempat, Senin (15/2).

Kepada para ASN di Pemkab HST, Faried berharap tetap semangat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pasca bupati dan wakilnya purnatugas nanti.

“Atas nama pribadi dan kawan-kawan HST, mohon maaf dan rida kepada bupati dan wakil bupati. Banyak hal yang mungkin belum kita lakukan. Tapi saya yakin sudah banyak yang kita lakukan untuk HST,” tutup Faried.

Sementara itu, Chairansyah dan Berry tengah bersiap-siap meninggalkan kursi jabatannya. Tak terkecuali sarana dan prasarana yang dititipkan negara kepada keduanya.

“Terimakasih atas dukungan semuanya, purna tugas menurutnya hanya sebuah jabatan, namun silaturahmi tetap harus terjalin dengan baik,” tutup Chairansyah.

Pemeberhentian Chairansyah dan Berry menjadi bupati dan wakil bupati ini sudah dirapatkan di DPRD HST pada 26 Januari tadi.

Dalam rapat itu juga dibahas usulan untuk pangangkatan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada serentak Desember 2020 tadi. Yakni Aulia Okrafiandi dan Mansyah Sabri.

Dua draf usulan itu disepakati. Kemudian diteruskan ke Kemendagri melalui Gubernur Kalsel.

Bupati Chairansyah dan wakilnya, Berry diberhentikan per 17 Februari. Sementara pengangkatan bupati dan wakil bupati yang baru direncanakan pada Februari ini juga.

“Kalau tidak ada halangan, pelantikan bupati dan wakil bupati yang baru akan digelar 18 Februari ini,” pungkas Wakil Ketua DPRD, Taufik Rahman saat itu.

Untuk diketahui, Faried Fakhmansyah sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan. Dia menggantikan posisi H Akhmad Tamzil selaku Sekda HST yang telah purnatugas pada 2020 tadi.

Faried dilantik secara resmi oleh Bupati HA Cahairansyah pada 1 Juli 2020. Hingga kini dia masih di posisi pejabat Sekda HST.

Komentar