Hot Borneo

Cegah Kemacetan, Divider di Jalan PHM Noor Tabalong Dibongkar

apahabar.com, TANJUNG – Divider atau pembatas jalur lambat di Jalan PHM Noor dilakukan pembongkaran oleh Dinas…

Featured-Image
Pekerja melakukan perbaikan di Jalan PHM Noor Tabalong. Foto-Muhammad Al Amin

apahabar.com, TANJUNG – Divider atau pembatas jalur lambat di Jalan PHM Noor dilakukan pembongkaran oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Tabalong.

Pembongkaran tersebut untuk menghindari kemacetan sehingga arus lalu lintas makin lancar.

Ada tiga titik divider yang dibongkar di Jalan PHM Noor tersebut, yaitu di wilayah Kelurahan Pembataan dan Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Untuk di Pembataan melanjutkan pembongkaran yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya, yaitu di sisi kiri jalan menuju ke arah Sulingan sehingga tembus ke simpang empat Belimbing.

Sementara di wilayah Kelurahan Mabuun ada dua titik, yaitu dari simpang Samsat lama menuju ke arah Tugu Tanjung Puri, pengerjaannya di kiri kanan jalan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong, Wibawa Agung Subrata, melalui Kabid Bina Marga, Sunengsi, mengatakan pembongkaran divider tersebut bertujuan untuk memudahkan arus lalu lintas dan menghindari kemacetan.

” Selain itu memudahkan akses ke pertokoan masyarakat yang ada di kiri kanan jalan, serta membuat jalanan makin bagus di kota Tanjung,” jelasnya, Rabu (31/8).

Sunengsi bilang, saat ini pengerjaannya telah dilakukan pihak ketiga. Di Jalan PHM Noor, Pembataan, divider yang dibongkar dan dibangun trotoar sepanjang 119 meter sedangkan di wilayah Mabuun sepanjang 250 meter di kiri kanan jalan.

“Waktu pelaksanaannya hingga bulan Desember mendatang,” ucapnya.

Pengerjaannya sendiri terdiri dari pembongkaran divider dan pengurukan, pembuatan saluran baru dan trotoar yang dipasangi keramik serta pengaspalan dibekas divider sampai ke sisi trotoar atau sebelumnya menjadi jalur lambat lalu lintas.

“Untuk di Pembataan biayanya dari Dana Insentif Daerah (DID) sedangkan di wilayah Kelurahan Mabuun dari APBD Kabupaten Tabalong tahun 2022,” pungkas Sunengsi.

Komentar