Sport

Casey Stoner “Turun Gunung” ke Garasi Ducati di MotoGP Valencia 2021

apahabar.com, BANJARMASIN – Eks pembalap Ducati, Casey Stoner, dikabarkan “turun gunung” pada seri balap terakhir musim…

Featured-Image
Eks pembalap Ducati, Casey Stoner, dikabarkan “turun gunung” pada seri balap terakhir musim ini di MotoGP Valencia 2021. Foto-Instagram

apahabar.com, BANJARMASIN – Eks pembalap Ducati, Casey Stoner, dikabarkan “turun gunung” pada seri balap terakhir musim ini di MotoGP Valencia 2021.

Akhir pekan lalu, Casey Stoner melakoni debut comeback ke garasi tim Ducati Lenovo di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Kehadiran Stoner tersebut menjadi yang pertama sejak tahun 2018.

Imbasnya pun positif. Dua pembalap Ducati, Francesco Bagnaia dan Jack Miller berhasil finis di posisi 5 besar pada balapan MotoGP Algarve 2021.

Bagnaia keluar sebagai pemenang, sedangkan Miller menempati peringkat keempat.

Berkat hasil yang ditorehkan Bagnaia dan Miller itulah, Ducati sukses mengalahkan Yamaha dalam perburuan gelar juara dunia konstruktor MotoGP 2021.

Meski banyak yang menyarankan agar Stoner direkrut Ducati lagi untuk menjadi pelatih, Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti menegaskan bahwa hal itu tidak akan terwujud.

Namun, Ciabatti bisa menjanjikan Stoner akan kembali membantu timnya pada balapan terakhir musim ini di Valencia, Spanyol.

“Ada banyak pembicaraan mengenai Casey (Stoner). Dia sudah membantu para pembalap kami dengan beberapa analisisnya, terutama pada hari Sabtu, saat kondisi di trek sedikit berangin. Dia memberi saran bagus,” ucap Paolo Ciabatti, dikutip dari Crash.

“Selalu menyenangkan memiliki juara dan kawan seperti Casey di garasi, sementara kredit tetap menjadi milik Bagnaia dan Miller dengan bakat mereka.”

“Kami tentu menginginkan hal yang sama (Stoner menjadi pelatih), tetapi saya pikir Casey tidak berencana untuk pindah ke Eropa. Seperti yang kita tahu, dia punya keluarga, dua putri kecil, dan itu adalah prioritasnya,” lanjut Ciabatti.

“Saya pikir dia menikmati waktunya kembali ke paddock setelah lama absen dan dia akan bersama kami lagi di Valencia.”

“Semoga hal ini juga bisa memberi keberuntungan untuk tim kami di Valencia,” ujar pria asal Italia tersebut.

Berdasarkan jadwal, seri MotoGP Valencia 2021 akan berlangsung pada 12-14 November mendatang.

Seri pamungkas tersebut bakal menjadi penentuan untuk mendapatkan predikat runner-up dunia serta rookie terbaik.

Saat ini, Bagnaia adalah kandidat paling kuat untuk menjadi runner-up dunia MotoGP 2021.

Adapun, status rookie terbaik akan diperebutkan oleh Enea Bastianini dan Jorge Martin, yang cuma berjarak tiga poin.

Bastianini punya 94 poin, sedangkan Martin mengoleksi 91 poin.

Sementara itu, gelar juara dunia MotoGP 2021 sudah dikunci pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pada 24 Oktober lalu.

Quartararo menjadi kampiun dunia musim ini setelah Bagnaia mengalami insiden crash dan membukukan hasil gagal finis alias did not finish (DNF).

Komentar