Pemkab HSS

Bupati HSS Luncurkan Program BAAS, Gotong Royong Bersama Turunkan Stunting

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meluncurkan dan mengukuhkan program bapak asuh…

Featured-Image
Bupati HSS launching program BAAS. Foto: Kominfo HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meluncurkan dan mengukuhkan program bapak asuh anak stunting (BAAS) di Halaman Kantor Kecamatan Padang Batung.

Program BAAS merupakan gerakan gotong royong seluruh elemen bangsa untuk ikut ambil bagian dalam mempercepat penurunan stunting, menyasar langsung kepada keluarga berisiko stunting dengan sasaran prioritas balita atau anak di bawah usia 2 tahun.

Peluncuran BAAS ditandai dengan pemukulan gong Bupati HSS Achmad Fikry, dirangkai dengan pengukuhan sekaligus penyematan selempang, penyerahan uang bantuan program kepada para Camat, penyerahan KIT stunting, penyerahan KIT siap nikah, serta penyerahan kotak makanan bergizi kepada para balita.

Bupati Achmad Fikry mengucapkan terima kasih kepada para donator yang sudah bersedia menjadi BAAS. Partisipasi masyarakat juga terbuka lebar jika ingin berpartisipasi.

“Ini awal yang bagus untuk menekan pertumbuhan stunting di HSS. Mudah-mudahan peran kita semua menjadi langkah nyata untuk penurunan stunting,” tandasnya.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Dian Marliana menjelaskan bahwa jumlah balita stunting yang diintervensi totalnya ada 145 orang dari 69 desa di 10 kecamatan di Kabupaten HSS.

Intervensi BAAS berupa pemberian makanan padat bergizi, dimasak dengan menu dapur sehat atasi stunting oleh TP-PKK beserta kader pemberdayaan masyarakat, didampingi tim pendamping keluarga yang ada di desa-desa saat pemberian makanan kepada balita stunting.

“Pemberian makanan dilakukan 2 hari sekali untuk sekali makan, dengan indeks harga Rp25.000 per anak selama 6 bulan,” kata Dian Marliana.

Laporan Dinas PPKBPPPA HSS, donatur Program BAAS yakni dari Pemkab HSS sebesar Rp163.125.000, PT AGM Rp92.250.000 ditambah susu kotak, vitamin bumil dan menyusui, vitamin sirup untuk 41 balita Kecamatan Padang Batung.

Bantuan Bank Kalsel Rp52.000.000 untuk 23 balita stunting wilayah Kandangan, Baznas Rp29.250.000 untuk 13 balita stunting wilayah Simpur, PT SAM Rp20.250.000 untuk balita stunting wilayah Daha Selatan.

BRI Cabang Kandangan Rp13.500.000 untuk 6 balita stunting wilayah Daha Utara, Rumah Sakit Ceria Rp11.250.000 untuk 5 balita wilayah Kalumpang, PT SLS Rp2.500.000 untuk 1 balita stunting wilayah Loksado.

Terakhir bantuan dari organisasi perangkat daerah, kecamatan, bagian Setda dan Puskesmas se-HSS Rp44.130.000 untuk 20 balita stunting wilayah Sungai Raya, Telaga Langsat, dan Angkinang.

Komentar