Pemkab HSS

Bupati HSS Bersama Masyarakat Wawaran Panen Cabai di Angkinang

Bupati HSS Achmad Fikry bersama dengan masyarakat panen cabai sekaligus meninjau pembibitan sayuran di Wawaran Desa Taniran Kubah Kecamatan Angkinang

Featured-Image
Bupati HSS Achmad Fikry panen tanaman cabai di Wawaran Desa Taniran Kubah, Angkinang. Foto: Prokopim Setda HSS

apahabar.com, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry bersama dengan masyarakat panen cabai sekaligus meninjau pembibitan sayuran di Wawaran Desa Taniran Kubah, Kecamatan Angkinang, Rabu (23/11).

Panen cabai jenis ORI ini juga dihadiri Sekda HSS Muhammad Noor, Kepala Dinas Pertanian M Noor serta Kepala Desa Taniran Kubah.

Walau di tengah panas terik, Bupati Achmad Fikry memanen dengan semangat karena melihat hamparan cabai yang subur dan berbuah lebat.

Setelah penen cabai, Bupati HSS beserta rombongan melanjutkan meninjau pembibitan sayur tak jauh dari lokasi. Masyarakat di sana hampir merata memiliki usaha pembibitan di dekat rumahnya.

Pemilik warung bibit 'Mama Fiqri', Taberani menjelaskan bahwa masyarakat mulai beralih profesi dari yang semula petani padi beralih menjadi penjual bibit sayuran sejak lahan pertanian di desanya tak kunjung surut.

Penjualan bibit sayuran tersebut sangat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar hingga sebagian desa tetangga.

"Pemasaran bibit, dibeli oleh para petani wilayah Kabupaten HSS sampai di kirim ke luar daerah seperti Balangan dan Pelaihari," terang Taberani.

Taberani mengaku bisa menjual bibit 100 ribu bibit perbulan dengan harga Rp400 per bibit.

Sementara itu, Bupati Achmad Fikry menyampaikan bahwa masyarakat yang merubah profesi patut dihargai lantaran mereka tidak mengeluh dengan keadaan.

"Dari profesi barunya mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi petani lain yang gagal panen," pungkas Bupati Fikry.

Editor
Komentar