Pemkab Barito Utara

Bupati Barito Utara: Bantuan Pihak Ketiga Sangat Diharapkan Tuntaskan Jembatan Tumpung Laung-Sikan

apahabar.com, MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Kadis PUPR, M Iman Topik melakukan…

Featured-Image
Bupati Barito Utara bersama Rekanan Kerja proyek pembangunan jembatan Sikan di Tumpung Laung. Foto: Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Kadis PUPR, M Iman Topik melakukan kunjungan ke kantor PT Wiratama Globalindo Jaya di Tangerang Selatan.

Dalam kunjungannya, Bupati dan Kadis PUPR diterima oleh jajaran manajemen PT Wiratama Globalindo Jaya. Kunjungan dimaksudkan untuk melihat perkembangan pabrikasi rencana pembangunan rangka baja Jembatan Tumpung Laung-Sikan dengan bentang 240 meter.

Direktur Utama PT Wiratama Globalindo Jaya, Atadiwira Kanan memberikan penjelasan kepada Bupati Barito Utara terkait rencana cetakan pabrikasi rangka baja jembatan Tumpung Laung-Sikan bentang 240 meter.

“Jembatan di desain tidak menggunakan tiang pancang di tengah, melainkan menggunakan kabel bentang 240 meter,” jelas Atadiwira.

Dijelaskan juga desain yakni konsep jembatan gantung dengan lebar 2,8 meter ditambah JPO kanan kiri selebar 1,1 meter sehingga lebar total jembatan nantinya menjadi 5 meter.

“Nantinya jembatan akan dapat dilintasi kendaraan dengan beban 360 ton arus lalu lintas,” tutup Atadiwira.

Sementara Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan bahwa pembangunan Jembatan Tumpung Laung-Sikan sangat terbatas dalam hal biaya pembangunannya.

“Saya mengharapkan bantuan CSR pihak ketiga untuk dapat membantu pemerintah dalam penuntasan pembangunan jembatan tersebut,” kata Bupati Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah juga berharap agar pembangunan jembatan tersebut dapat selesai sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati Barito Utara pada tahun 2023.

Bupati Nadalsyah juga mengatakan dengan desain rangka jembatan, meskipun keterbatasan anggaran diharapkan dapat efektif dan efisien dalam penyelesaian rangka dan lantai jembatan.

“Nantinya tidak memberatkan dalam penganggaran berikutnya untuk menyelesaikan pembangunan jembatan,” jelas Bupati Nadalsyah.

Dikatakan juga, bahwa nantinya pembangunan jembatan dikerjakan oleh pihak ketiga, diperkirakan waktu estimasi selama 12 bulan dengan asumsi jika tidak ada kendala alam di lapangan.

Komentar