film

Bukan Sekadar Hiburan, Ternyata Nonton Film Memilki 7 Manfaat untuk Kesehatan

Tak hanya sekadar hiburan untuk melepas penat, menonton film ternyata juga memilki manfaat untuk kesehatan. Khususnya untuk kesehatan mental.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Ilustrasi/net

apahabar.com, BANJARMASIN - Tak hanya sekadar hiburan untuk melepas penat, menonton film ternyata juga memilki manfaat untuk kesehatan. Khususnya untuk kesehatan mental.

Apa saja manfaat menonton film bagi kesehatan? Berikut 7 manfaat nonton film yang dilansir dari sehatq.com:

1. Meningkatkan suasana hati

Selama menjalani aktivitas harian, terkadang ada saja hal yang dapat merusak suasana hati. Meluangkan waktu sejenak untuk keluar dari aktivitas harian dan menonton film bisa jadi salah satu memperbaiki suasana hati.

Suasana hati yang lebih baik bisa menurunkan risiko stres dan depresi, serta memungkinkan untuk lebih baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Sarana relaksasi

Manfaat menonton film yang paling umum tentu saja sebagai sarana relaksasi yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Dengan menonton film, bisa sejenak bersantai dari rutinitas harian.

Dikutip dari jurnal Media Psychology, film bisa menjadi media rekreasi dan hiburan yang menyenangkan sekaligus memberikan istirahat dan relaksasi.

3. Menumbuhkan motivasi

Manfaat selanjutnya ternyata menonton film tanpa disadari dapat menumbuhkan motivasi. Sejenak menghentikan pikiran dari rutinitas harian untuk sesuatu yang menyenangkan bisa mengatasi kelelahan dan memotivasi agar lebih produktif saat kembali beraktivitas.

Selain itu, motivasi juga bisa terbangun saat bisa mengambil pelajaran atau hikmah dari jalan cerita film yang Anda tonton.

4. Meningkatkan hubungan sosial

Menonton film bersama keluarga, pasangan, atau teman, juga bisa membuat hubungan sosial lebih baik.

Tidak hanya merasa terkoneksi saat menonton bersama, setelahnya dengan membahas film yang telah ditonton atau saling mengenal genre film tersebut, malah bisa jadi salah satu topik pembahasan yang menarik.

5. Mengatasi stres

Kemudian manfaat selanjutnya nonton film juga bisa membantu mengatasi stres. Sebagaimana poin sebelumnya, film bisa menjadi sarana relaksasi yang mampu memperbaiki suasana hati.

Ini juga bisa mencegah sekaligus mengatasi stres atau depresi. Cobalah menonton film komedi yang bisa membuat tertawa.

Dikutip dari The Tohoku Journal of Experimental Medicine, tertawa bisa mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol dan epinefrin, serta meningkatkan hormon kebahagiaan atau endorfin.

Tak hanya film komedi, film sedih yang menguras air mata juga mampu menurunkan kadar kortisol dalam darah yang berkontribusi mengatasi stres. Ini bisa jadi salah satu cara melepas stres yang ada dalam diri.

6. Sarana pembelajaran

Selain itu, ternyata beberapa film tontonan yang mengangkat topik tentang pengalaman juga memberikan pembelajaran.

Manfaat lain dari menonton film juga bisa membantu memahami sudut pandang orang lain sekaligus memperluas pandangan, sekaligus mendidik dan mencerahkan terhadap suatu topik yang dibahas.

7. Psikoterapi

Manfaat film lainnya adalah sebagai teknik terapi atau sarana psikoterapi, alias terapi film atau terapi sinema.
Terapis mungkin menggunakan film untuk memaparkan pada karakter dengan pengalaman emosional atau lingkungan serupa.

Ini bisa mendorong untuk melihat situasi dari perspektif yang berbeda, serta memberikan cara baru untuk mengatasi situasi tersebut. Beberapa jenis latihan terapi juga bisa dilakukan sebelum, selama, atau setelah menonton film.

Namun, perlu diingat bahwa menonton film yang berlebihan sampai menimbulkan binge watching bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, termasuk mengganggu aktivitas sehari-hari dan kehidupan sosial. Untuk itu, penting bagi Anda untuk pintar membagi waktu.

Editor
Komentar