Relax

Bukan Hiperaktif, Anak Tak Bisa Diam Justru Menandakan Hal Ini

apahabar.com, JAKARTA – Anak kecil biasanya senang berlarian dan cenderung tak bisa diam. Hal ini tak…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA – Anak kecil biasanya senang berlarian dan cenderung tak bisa diam. Hal ini tak jarang membuat orang tua menerka-nerka, apakah si buah hati mengalami hiperaktif.

Dokter Spesialis Anak, Ristanto, mengatakan anak yang tak bisa diam belum tentu menandakan hiperaktif. Malahan, ini adalah hal yang wajar.

“Anak memang harus begitu (berlari ke sana ke mari). Kalau anak diam saja, jangan-jangan kurang hormon tiroid atau mungkin anemia,” ujarnya, dikutip dari laman ugm.ac.id, Sabtu (13/8).

Ristanto menuturkan sebenarnya agak sulit membedakan anak hiperaktif dengan perilaku tidak bisa diam yang normal. Meski begitu, terdapat satu hal yang sudah pasti membedakan keduanya.

img

Ilustrasi anak hiperaktif (foto: TimesOfIndia)

Hal kunci tersebut ialah anak hiperaktif cenderung berperilaku destruktif atau merusak. Sedangkan, anak yang normal tidak demikian.

“Itu adalah cara ‘kasar’ untuk mencurigai bahwa itu adalah hiperaktif. Ini hanya (terjadi pada sebagian) kecil, sebagian besar bocah berlarian ke sana ke mari itu masih normal karena memang harus seperti itu,” ungkap Ristanto.

Dia mencontohkan, ketika mendapati gelas ada di atas meja, anak hiperaktif malah sengaja menyenggolnya agar jatuh dan pecah. Sedangkan, saat menjatuhkan sesuatu, anak aktif akan kaget, terdiam, dan merasa bersalah. (Risma)

Komentar