Hot Borneo

Bikin Bangga Orang Tua, 40 Persen Wisudawan Poltek Kotabaru Sudah Bekerja di Perusahaan

Politeknik (Poltek) Kotabaru kembali mewisuda sebanyak 105 orang wisudawan yang ke-14 sarjana Diploma III, Kamis (20/10).

Featured-Image
Politeknik (Poltek) Kotabaru kembali mewisuda sebanyak 105 orang wisudawan yang ke-14 sarjana Diploma III, Kamis (20/10). Foto-Istimewa.

apahabar.com, KOTABARU - Politeknik (Poltek) Kotabaru kembali mewisuda sebanyak 105 orang wisudawan yang ke-14 sarjana Diploma III, Kamis (20/10).

Menariknya angka ratusan itu, 40 persen wisudawan itu dilaporkan mampu membuat bangga perguruan tinggi sekaligus para orang tua lantaran telah bekerja atau berstatus sebagai karyawan di sejumlah perusahaan.

Kondisi itu secara tidak langsung membuktikan bahwa Poltek Kotabaru dinilai berhasil mencetak generasi yang handal menyambut peluang tenaga kerja di daerah.

"Alhamdulillah, dari 105 orang yang diwisuda hari ini 40 persennya sudah bekerja di perusahaan," ujar M Rezki Oktavianoor, Direktur Poltek Kotabaru, Kamis (20/10) siang.

Rezki bilang, 105 wisudawan tersebut berasal dari empat jurusan atau program studi. Sebanyak 14 orang dari teknik listrik, teknik mesin 19 orang, teknik sipil 23 orang dan administrasi bisnis sebanyak 49 orang.

Dari jumlah tersebut, 40 persen sudah diterima bekerja setelah melaksanakan tugas akhir, ada pula yang sebelum menyelesaikan tugas akhir dengan catatan sudah magang dan menunggu kelulusan.

"Jadi, untuk alumni hari ini ada 7 orang yang sudah berhasil diterima bekerja di perusahaan multi nasional PT Indonesia Bulk Terminal (IBT)," ujarnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI Kalsel, Dr Drs Muhammad Akbar, menyambut baik Poltek Kotabaru mampu mencetak sumber daya manusia yang handal dan siap bekerja.

"Tentu kami apresiasi Poltek kembali sukses meluluskan seratus lebih wisudawan hari ini dan sebagian telah bekerja. Kami berharap Poltek tetap mampu bersaing, berbenah, dan melebarkan sayapnya di Bumi Sa Ijaan ini," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru Sugiannor, juga menyambut hangat upaya Poltek Kotabaru mencetak wisudawan yang mampu bersaing di era globalisasi.

Meski demikian sambungnya, mencetak sumber daya manusia yang siap bekerja merupakan tanggung jawab bersama dan perlu adanya dukungan dari berbagai pihak.

Dukungan pemerintah daerah, stakeholder, juga pihak perusahaan sangat diperlukan agar proses pengembangan di perguruan tinggi sangat berjalan dengan baik.

"Dalam hal ini, kami kembali berharap Pemkab Kotabaru meningkatkan dukungannya seperti memberikan beasiswa untuk mahasiswa agar bisa melanjutkan kuliah," harap Sugian, sapaan akrabnya itu.

Editor
Komentar