News

Bersama Empat Narapidana Korupsi, Pinangki Terima Bebas Bersyarat

apahabar.com, JAKARTA – Bersama empat narapidana korupsi, mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari resmi mendapatkan bebas bersyarat,…

Featured-Image
Pinangki Sirna Malasari (dress hitam) sesaat setelah mendapatkan bebas bersyarat dari Ditjenpas Kemenkumham, Selasa (6/9). Foto: Detik

apahabar.com, JAKARTA – Bersama empat narapidana korupsi, mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari resmi mendapatkan bebas bersyarat, Selasa (6/9).

Pinangki menghirup udara bebas, setelah mendapat program pembebasan bersyarat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham.

“Dinyatakan bebas bersyarat, karena telah memenuhi syarat administratif dan substantif,” papar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten, Masjuno, seperti dilansir SindoNews.

Alasan lain dari pembebasan bersyarat Pinangki adalah sudah menjalankan hak dan kewajiban, serta menaati aturan selama berada di Lapas Kelas IIA Tangerang.

Selain Pinangki Sirna Malasari, narapidana perempuan kasus korupsi yang juga bebas bersyarat adalah Mirawati dan Desi Arryani, serta Ratu Atut Chosiyah yang juga mantan Gubernur Banten.

“Pinangki sendiri sudah menjalani penahanan kurang lebih 2 tahun. Selanjutnya kendati telah bebas, Pinangki tetap diwajibkan lapor kepada Balai Pemasyarakatan dan mengikuti bimbingan,” beber Masjuno.

Pinangki dituntut jaksa dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, karena terbukti menguasai suap USD 450 ribu dari Djoko Tjandra (terpidana kasus cessie Bank Bali) untuk mengurus fatwa MA.

Namun hakim memutuskan menghukum Pinangki selama 10 tahun penjara. Tak hanya menerima suap, Pinangki juga melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan permufakatan jahat.

Akan tetapi dalam tingkat banding di Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta, hukuman Pinangki disunat dari 10 tahun penjara menjadi 4 tahun penjara.

Lantas bertepatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pinangki bersama Ratu Atut Chosiyah masing-masing mendapat remisi 3 bulan.

Tags
News
Komentar