Relax

Bersama Cetak Juara! Semarak Hari Olahraga Nasional 2022, Eksistensi IKN pun Terpampang Nyata

apahabar.com, JAKARTA– Tanggal 9 September merupakan hari bersejarah bagi insan olahraga di Indonesia. Betapa tidak, sebab…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA– Tanggal 9 September merupakan hari bersejarah bagi insan olahraga di Indonesia. Betapa tidak, sebab pada hari ini, peringatan Hari Olahraga Nasional dicanangkan.

Dalam nukilan sejarah yang dirilis laman Kemenpora, perayaan Haornas bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta, Jawa Tengah pada 9 – 12 September 1948. Saat itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui penuh oleh masyarakat dunia.

Bahkan, kala itu paspor Indonesia masih tidak diakui oleh Pemerintah Inggris. Sehingga, para atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Oleh karenanya, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga di dalam negeri yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional. Hal ini untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

PON I kemudian disambut antusias oleh para atlet Indonesia. Terlihat dari banyaknya para atlet Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut. Sekurangnya 600 atlet bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 medali. Dengan diadakan PON I, pada tanggal 9 sampai 12 September 1948, maka tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia pun dirayakan setiap tanggal tersebut.Haornas ke-39, Spirit Baru dalam Logo dan Tema

Peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 mengusung tema “Bersama Cetak Juara”. Adapun filosofi logo Haornas, yaitu:

Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.

Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 2022.

Selain itu, peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 disinyalir melibatkan hingga 20 ribu orang dan para pemangku kepentingan olah raga di Stadion Batakan, Balikpaan, Kalimantan Timur, demi mendukung dan menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tim Redaksi

Komentar