Pemprov Kalsel

Berkah MTQ Nasional 2022 di Kalsel, Ribuan Pelaku UMKM Terima NIB

MTQ Nasional 2022 di Kalsel memberikan berkah terhadap pelaku UMKM. Mereka menerima NIB dari Kementerian Investasi BPKM.

Featured-Image
Ilustrasi pengurusan NIB untuk pelaku UMKM. Foto-iNews

apahabar.com, BANJARBARU - Perhelatan MTQ Nasional 2022 di Kalsel, memberikan berkah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka menerima Nomor Induk Berusaha dari Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Tercatat sebanyak 2.000 UMK di Kalsel menerima NIB dari Kementerian Investasi BKPM saat perhelatan MTQ Nasional 2022, Kamis (13/10/2022) kemarin. Ribuan NIB itu diserahkan langsung oleh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar di Auditurium ULM Banjarbaru.

Roy mengatakan, momentum pemberian NIB ini juga merupakan salah satu rangkaian penyelenggaraan MTQ XXIX 2022 di Kalsel, dengan harapan para pelaku UMKM di Kalsel dapat beraktivitas usaha secara legal dan aman.

“Dapat membuka dan memperluas akses permodalan, distribusi dan pemasaran produknya. Sehingga memiliki daya saing yang semakin baik,” kata Roy.

Baca Juga: Kalsel Expo MTQ Nasional 2022 Diisi 190 Stand Berbagai Daerah

Menurutnya, pemberian NIB kepada pelaku UMKM di Kalsel sangat penting. Sebab sektor UMKM telah terbukti mampu menjadi motor penggerak perekonomian nasional, khususnya dalam agenda pemulihan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19.

Menurutnya Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 telah mewajibkan setiap warga negara yang berusaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha berbasis risiko.

"Melalui regulasi ini, pemerintah berupaya memberikan perlindungan usaha kepada para pelaku usaha,” jelasnya.

Hingga 11 Oktober 2022, lembaga perizinan berusaha atau OSS telah menerbitkan sekitar 2 juta NIB untuk UMKM di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan jumlah NIB yang terbit di Kalsel sekitar 31 ribu.

Tertinggi, Banjarmasin yang telah menerbitkan 26 ribu NIB untuk pelakum UMKM hingga saat ini. Disusul Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: Menjanjikan Cuan, OJK Ajak Pelaku UMKM Banjarbaru Berinvestasi di Pasar Modal

Editor
Komentar