Hot Borneo

Bergumul Dengan Pencuri, Satpam Ini Diganjar Penghargaan Kapolda Kalsel

Akhmad Saibani tampak sumringah. Dia baru saja diganjar penghargaan oleh Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, Senin (30/1).

Featured-Image
Saibani tak sendiri mendapat penghargaan dari Kapolda. Dua temannya juga menerima penghargaan atas prestasi yang sama. Mereka adalah Fajri, dan Hermansyah.

apahabar.com, BANJARMASIN - Akhmad Saibani tampak sumringah. Dia baru saja diganjar penghargaan oleh Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, Senin (30/1).

Saibani adalah Satpam di salah satu perusahaan di Kabupaten Tabalong. Dia sempat bergumul dengan pencuri di perusahaan tempatnya bertugas.

Berkat keberaniannya dengan tiga teman seprofesinya, pelaku pencurian duit Rp50 juta di perusahaan itu berhasil amankan.

"Alhamdulillah penghargaan ini bisa saya dapat. Bangga rasanya," ucap Saibani usai menerima penghargaan dari Kapolda Kalsel di acara HUT Satpam yang ke - 42 di Mapolda Kalsel.

Saibani tak sendiri mendapat penghargaan dari Kapolda. Dua temannya juga menerima penghargaan atas prestasi yang sama. Mereka adalah Fajri, dan Hermansyah. 

Selain mereka, empat Satpam dari perusahaan lain juga mendapat penghargaan. Penghargaan yang diberikan tak melulu prestasi di bidang penanganan. Tapi juga di bidang sosial, hingga di bidang olahraga. 

Andi Rian mengatakan, pemberian penghargaan kepada para Satpam merupakan bentuk reward sekaligus apresiasi atas kinerja yang telah mereka lakukan.

Satpam merupakan pengembangan tugas-tugas kepolisian secara terbatas. Diharapkan di HUT ke - 42 ini mereka bisa semakin profesional dalam melaksanakan tugasnya.

"Kita berharap ke depan Satpam makin profesional karena mereka merupakan unsur pengamanan swakarsa," ujar jenderal bintang dua itu usai acara.

Tak bisa dipungkiri, jumlah Satpam di Indonesia melebihi banyaknya anggota Polri. Andi menyebut jumlahnya mencapai 900 ribu lebih. Dua kali lebih banyak dari anggota Polri.

"Tentu ini jadi representasi Polri secara terbatas dalam melaksanakan kewenangannya," jelas Andi.

Tak hanya soal membantu dalam bidang pengamanan. Peran serta Satpam juga perlu diapresiasi terlebih saat pandemi Covid-19 melanda.

Pasalnya, mereka menjadi salah satu garda terdepan dalam penegakan protokol kesehatan.

"Kita tahu dua tahun lalu kita dilanda covid teman-teman satpam juga banyak kita manfaatkan terutama dalam kontrol terhadap tempat publik," pungkasnya.

Editor
Komentar
TrendingLainnya