Hot Borneo

Berbeda, Antara Vivi Zubedi dan Siti Wasilah Kenalkan Sasirangan Khas Kalsel ke Masyarakat

apahabar.com, BANJARMASIN – Beragam cara untuk memperkenalkan kain Sasirangan, khas Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Ketua Dekranasda…

Featured-Image
Kolase – Cara berbeda antara Ketua Dekranasda Banjarbaru, Vivi Mari Zubedi Aditya Mufti Ariffin dan Ketua Dekranasda Banjarmasin, Siti Wasilah mengenalkan kain sasirangan khas Kalimantan Selatan. Foto-Humas Pemkot Banjarmasin/Humas Pemkot Banjarbaru

apahabar.com, BANJARMASIN – Beragam cara untuk memperkenalkan kain Sasirangan, khas Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ketua Dekranasda Banjarbaru, Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menampilkan sasirangan hingga keluar negeri.

Terhanyar, sasirangan melalui produk UMKM tampil memukau di New York Fashion Week (NYFW), Spring Studio, Manhattan New York, Amerika Serikat.

Istri Wali Kota Banjarbaru menggandeng Baim Wong beserta Paula Verhoevon.

Vivi memfasilitasi sendiri ihwal pendanaan ke ajang bergengsi tersebut.

Dengan tujuan, agar kerajinan UMKM Banjarbaru utamanya sasirangan dikenal di NYFW bahkan bisa sejajar dengan batik.

“Saya juga berharap nantinya Kota Banjarbaru dilirik, dilihat, didengar paling tidak untuk skala nasional. Sehingga bisa menarik minat pengunjung ke Kota Banjarbaru untuk melihat langsung hasil karya pengrajin UMKM di bawah binaan Dekranasda," ujar Vivi.

Di Banjarmasin, Dekranasda hanya menggelar Dekrashow III pada Minggu (18/9) malam. Dekrashow ini dilaksanakan di kawasan Banjarmasin Tempo Doeloe, Kota Lama, Jalan Simpang Hasanuddin HM.

Puluhan kreasi sasirangan dari desainer Banua diperagakan sejumlah model yang berjalan di atas catwalk yang disediakan oleh pelaksana.

Ketua Dekranasda Banjarmasin, Siti Wasilah, menyampaikan Dekrashow III melibatkan desainer senior serta desainer muda di Kota Banjarmasin untuk menampilkan busana sasirangan mereka.

"Sekitar ada 10 desainer yang ikut. Kegiatan kita ingin diharapkan menjadi ruang untuk mereka menampilkan hasil karyanya," ucapnya.

Siti Wasilah juga membeberkan alasan mengapa Dekrashow digelar di kawasan Banjarmasin Tempo Doeloe, lantaran ia ingin anak muda di Banjarmasin bisa lebih dekat dan mengenal sasirangan.

Ia juga menambahkan bahwa Dekrashow III ini merupakan event road to Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2022, yang akan digelar pada 27-29 September 2022 mendatang.

"Nanti pada saat BSF, kita akan undang 2 desainer nasional untuk memeriahkan," tuturnya.

Nantinya, Dekrashow III ujar Wasilah bakal digelar beberapa kali bahkan di event nasional.

"Memang kita dalam beberapa waktu yang lalu sudah bekerjasama dengan jaringan Kota Pusaka. Kita pernah bawa sasirangan ke Belanda," pungkasnya.

Komentar