Hot Borneo

Bentuk Unit Siaga di IKN Nusantara, Basarnas Kaltim Atensi Ancaman Banjir

apahabar.com, BALIKPAPAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kalimantan Timur turut melakukan persiapan dalam mendukung pemindahan Ibu…

Featured-Image
Personel Basarnas Kaltim sedang melakukan koordinasi sebelum menjalankan tugas. Foto: Dokumen

apahabar.com, BALIKPAPAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kalimantan Timur turut melakukan persiapan dalam mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Salah satunya membentuk unit Search and Rescue (SAR) dari unsur Basarnas Balikpapan yang merupakan kantor unit SAR terdekat dengan IKN.

“Sesuai rencana strategi dalam mendukung pemindahan IKN, kami menempatkan sejumlah personel di wilayah IKN,” papar Kepala Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta, Jumat (1/7).

Basarnas akan menempatkan sedikitnya 6 personel di kawasan IKN Nusantara, ditambah perlengkapan atau Alat Utama (Alut) darat maupun air dari Unit SAR.

“Dalam tahap awal, kami menempatkan unit dulu, sebelum membuat pos. Direncanakan pos akan segera berdiri. Rencana ini terus dikoordinasikan ke pusat,” jelas Melkianus.

Adapun fokus penanganan Basarnas di wilayah IKN adalah banjir. Terlebih beberapa titik banjir masih aktif di Sepaku tersebut.

“Sebelumnya dalam beberapa kejadian, kami berkoordinasi dengan BPBD dan bisa diatasi. Dengan kejadian itu, makanya akan bentuk satu unit di kawasan IKN,” tandas Melkianus.

Komentar