film

Belajar Makna Suatu Perjuangan dari 7 Film Bertemakan Pahlawan

Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Featured-Image
Battle of Surabaya. Foto-MAXStream

apahabar.com, BANJARMASIN - Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Untuk belajar makna suatu perjuangan, 7 film berkisah tentang pahlawan ini mungkin bisa menjadi rekomandasi.

Berikut 7 film yang cocok ditonton di Hari Pahlawan:

1. Battle of Surabaya

Belajar Makna Suatu Perjuangan
Battle of Surabaya. Foto-MAXStream

Film animasi ini berkisah tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Battle of Surabaya juga termasuk latarbelakang diperingatinya Hari Pahlawan.

Sebagai infomasi, film yang dirilis pada 20 Agustus 2015 telah meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya sebagai film dengan animasi terbaik di Berlin Internasional Film Festival 2017.

2. Sang Kiai

Sang Kiai. Foto-Net
Sang Kiai. Foto-Net

Film Sang Kiai mengisahkan perjuangan Indonesia di masa penjajahan Jepang. Dikisahkan sejumlah kiai ditangkap karena melakukan perlawanan kepada Jepang.

Kisah KH Hasyim Asy'ari menjadi alur utama dalam film Sang Kiai. Hasyim Asy'ari juga pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Anda bisa menyaksikan film ini di Netflix.

3. Merah Putih

Merah Putih. Foto-Net
Merah Putih. Foto-Net

Film ini berkisah tentang taruna yang terikat namun selamat dari pembantaian. Para taruna melawan Belanda sebagai pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Merah Putih sendiri diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah hingga Zumi Zola.

4. Darah Garuda

Darah Garuda. Foto-Net
Darah Garuda. Foto-Net

Berikutnya film yang berjudul Darah Garuda yang berkisah tentang sekelompok kadet heroik bergerilya di Pulau Jawa pada 1947. Para kadet itu terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman.

Mereka diberi tugas rahasia yakni melawan Jendral Van Mook pada Agustus 1947. Film ini diperankan oleh Donny Alamsyah, Lukman Sardi, hingga Rudy Wowor.

5. Hati Merdeka

Hati Merdeka. Foto-Net
Hati Merdeka. Foto-Net

Selanjutnya film dari trilogi Merah Putih (2009) dan Darah Garuda (2010), yang berjudul Hati Merdeka. Film ini mengisahkan perjuangan kelompok gerilya dalam meraih kemerdekaan saat melawan Belanda.

Perjuangan para tentara di pedalaman diliputi perbedaan status sosial, agama, dan budaya. Film ini mengambil latar revolusi pada tahun 1947-1948.

6. Soekarno: Indonesia Merdeka

Soekarno: Indonesia Merdeka. Foto-Net
Soekarno: Indonesia Merdeka. Foto-Net

Film Soekarno: Indonesia Merdeka menceritakan tentang kehidupan Presiden pertama RI, Ir Soekarno. Mulai dari masa kecilnya hingga memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama M Hatta pada 1945.

Film ini diperankan oleh Ario Bayu sebagai sosok Sang Proklamator dan Lukman Sardi sebagai Moh Hatta.

7. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman. Foto-Net
Jenderal Soedirman. Foto-Net

Film perjuangan yang satu ini mengisahkan tentang Jenderal Soedirman yang menderita penyakit paru-paru. Namun demikian, ia tetap memimpin perang gerilya selama 7 bulan.

Soedirman membuat semangat para pejuang terus membara hingga Belanda kehabisan logistik. Aktor Adipati Dolken menjadi pemeran sang Jenderal. Pemeran lainnya seperti Ibnu Jamil hingga Baim Wong.

Editor
Komentar