Hiburan

Beda 'Gaya' Jogja dan Solo dalam Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono

Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan segera menikahi Erina Gudono pada Desember ini. Serangkaian acara akan digelar di dua kota tempat asal p

Featured-Image
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan segera menikahi Erina Gudono pada Desember ini. Serangkaian acara akan digelar di dua kota tempat asal pasangan pengantin, Jogja dan Solo.

Di Jogja, acara akan digelar selama 3 hari, 8-10 Desember. Acara dimulai dengan pengajian, malam midodareni hingga akad nikah.

Sedangkan di 11 Desember acara berpindah di Kota Solo dengan menggelar upacara adat di Loji Gandrung hingga jamuan di Puro Mangkunegaran.

Adapun acara di Jogja dan Solo rupanya juga ada sedikit perbedaan. Acara di Jogja, baik yang digelar di rumah keluarga Erina maupun di Royal Ambarrukmo digelar dengan jumlah tamu terbatas.

Untuk acara midodareni, misalnya, wedding organizer hanya menyiapkan tempat berkapasitas 150 tamu.

Baca Juga: Undangan Digital Mengatasnamakan Kaesang-Erina Gudono Beredar, Dipastikan Hoaks!

"Tidak lebih dari 150 dan itu hanya keluarga dan kedua keluarga besar nanti di saat midodareni, hanya 150 dan itu semuanya menggunakan barcode jadi tidak bisa sembarangan masuk di area sini hanya keluarga tertentu saja," kata owner Pengantin Production Dani Wigung melansir DetikHot, Jumat (2/11).

Demikian pula dengan acara akad nikah yang digelar di Royal Ambarrukmo. Tidak banyak tamu yang diundang dalam acara tersebut.

"Sangat terbatas, di sana setting kursi hanya 300 tidak lebih dari itu jadi sangat terbatas," ucapnya.

Dijelaskannya, usai prosesi akad tidak akan ada acara resepsi. Sebab, nantinya resepsi akan dilakukan di Solo sekaligus prosesi ngunduh mantu.

"Panggih sekaligus dhahar, tasyakuran. Mungkin sebenarnya bukan resepsi karena resepsi ada di Solo. Sudah selesai upacara adat kan mestinya ada unjukkan dhahar dan sebagainya. Tasyakuran yang lebih cocok, bukan resepsi," katanya.

Baca Juga: Foto Undangan Nikah Kaesang Pangarep-Erina Gudono Beredar, Warganet Salfok Ini...

Sedangkan untuk acara di Solo, meski jumlah tamu belum ada penjelasan, masyarakat luas bahkan bisa ikut menyaksikan langsung salah satu prosesi ngunduh mantu Jokowi itu.

Sebab, rencananya akan ada iring-iringan kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran melalui Jalan Slamet Riyadi. Kirab itu akan melintasi jalur car free day (CFD)di Minggu pagi.

Meski demikian, acara CFD tetap akan dibuka sehingga masyarakat bisa menyaksikan langsung kirab tersebut dari jarak yang cukup dekat.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang juga sekaligus kakak kandung Kaesang mengatakan masyarakat tetap bisa beraktivitas di jalur CFD selama kirab berlangsung.

"Kita nggak melarang, Kaesang itu numpang CFD lho ya, bukan kebalikannya, lewat, numpang dari Loji," kata Gibran.

Dirinya juga menginstruksikan untuk para pedagang di CFD tetap berjualan seperti biasanya. Selain itu, untuk kegiatan yang berlangsung di CFD juga tetap diperbolehkan.

"Tadi sudah saya instruksikan untuk CFD, pedagang, pedagang yang biasanya jualan, jualan aja ya nggak papa," kata dia.

Baca Juga: Konsep Prewedding Kaesang dan Erina Mengenakan Jersey Bola hingga Baju Adat Akhirnya Terkuak

Editor
Komentar