Hot Borneo

Banjarbaru Antisipasi Alih Fungsi Lahan Pertanian Berkelanjutan Lewat Perda

apahabar.com, BANJARBARU – Ditetapkan menjadi Ibu Kota Provinsi (IKP) yang baru, Banjarbaru bersiap mengantisipasi pengalihfungsian lahan…

Featured-Image
Bundaran simpang empat Banjarbaru. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Ditetapkan menjadi Ibu Kota Provinsi (IKP) yang baru, Banjarbaru bersiap mengantisipasi pengalihfungsian lahan pertanian berkelanjutan.

Sebab, dengan IKP di Banjarbaru, diprediksi akan terjadi mobilitas masyarakat, dan muncul banyak pembangunan perumahan maupun industri di Banjarbaru.

Untuk itu, Pemerintah Kota Banjarbaru bakal membentuk peraturan daerah tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan.

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami membenarkan ihwal rencana pembentukan perda itu.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami dari DKP3 akan membuat suatu peraturan daerah tentang perlindungan lahan berbasis berkelanjutan, kurang lebih 1.000 Ha,” kata Yazid.

Ia juga menjelaskan tujuan dibuatnya perda ini adalah untuk melindungi lahan pertanian dan menjaga konsistensi pangan di Kota Banjarbaru.

“Untuk menjaga konsistensi pangan kita, sehingga ada 1.000 Ha yang dilindungi, dijaga, supaya jangan sampai lahan kita berkurang,” pungkasnya.

Komentar