Pemkab Tabalong

Api Obor Porprov XI Kalsel di HSS Akan Diambil dari Pertamina EP Tanjung

Api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan diambil dari Pertamina EP Tanjung, Tabalong

Featured-Image
Di puncak Monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor Mabuun, Tabalong, ini duluanya menyala api dari sumber gas Pertamina EP Tanjung. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG - Api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan diambil dari Pertamina EP Tanjung, Tabalong.

Rencananya, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani yang langsung mengambil api obor tersebut dari sumber api di kantor besar Pertamina EP Tanjung pada 1 November 2022.

Selanjutnya akan dibawa oleh lima atlet Tabalong menggunakan mobil menuju Kabupaten Balangan.

"4 atlet atletik dan 1 bola voli yang disiapkan dalam membawa api Porprov XI ke Balangan," kata, Saidul Ansari, Fungsional Pelatih Olahraga Ahli Muda pada Dispora Kabupaten Tabalong, Sabtu (29/10).

Dari atlet atletik, Ahmad Zami, Fajar, Haikal dan Meisya. Sedangkan  Fana Indriyani dari atlet bola voli.

"Dari Tabalong, kirab api obor dibawa ke Balangan, selanjutnya ke seluruh kabupaten/kota di Kalsel hingga nantinya berakhir di Kabupaten HSS sebagai tuan rumah Porprov XI tahun 2022," imbuhnya.

Sesuai jadwal, open ceremony Porprov XI Kalsel di HSS akan dilaksanakan pada 5 November dan ditutup 13 November 2022.

Tabalong sendiri mengikuti 32 cabang olahraga dari 42 cabor yang dipertandingkan. Di 32 cabor itu, Tabalong menargetkan 51 medali emas, 60 perak dan 81 medali perunggu.

Sementara atlet dan ofisial yang dikirim sebanyak 458 orang, terdiri atlet 362 orang, pelatih 49 orang dan manajer 47 orang.

Untuk target emas di antaranya dari cabor dansa, panahan, catur, brigde, renang, angkat berat, angkat besi, panjat tebing dan pencak silat.

"Cabor-cabor tersebut targetnya ada yang 3, 4 dan 6 medali emas," kata Ketua KONI Tabalong, Agus Saihu.

Editor
Komentar