Tak Berkategori

Antisipasi Pemudik, Petugas Gabungan di Tabalong Bangun Pos Penyekatan

apahabar.com, TANJUNG – Mengantisipasi gelombang pemudik, petugas gabungan di Tabalong mendirikan pos penyekatan di kawasan perbatasan…

Featured-Image
Kasatlantas Polres Tabalong, Iptu Narendra Rian Agusta, menjelaskan rencana pendirian pos penyekatan di perbatasan Kalsel. Foto: Muhammad Al-Amin/apahabar.com

apahabar.com, TANJUNG – Mengantisipasi gelombang pemudik, petugas gabungan di Tabalong mendirikan pos penyekatan di kawasan perbatasan Kalimantan Selatan.

Pemerintah memang sudah mengeluarkan larangan mudik dengan tujuan menekan penyebaran Covid-19.

Namun demikian, masih dimungkinkan terdapat sejumlah masyarakat yang mengindahkan larangan tersebut.

Untuk mengantisipasi lalu lintas pemudik, petugas gabungan di Tabalong segera mendirikan pos penyekatan di perbatasan.

Adapun petugas gabungan tersebut terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

“Pos dibangun di perbatasan Tabalong dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah,” jelas Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori melalui Kasat Lantas Iptu Narendra Rian Agusta, Kamis (22/4).

“Pos perbatasan Kaltim dibangun di Desa Lano Kecamatan Jaro. Sedangkan pos perbatasan Kalteng ditempatkan di Kecamatan Kelua,” imbuhnya.

Pembangunan pos segera dilaksanakan. Namun sebelumnya dilakukan rapat koordinasi antarinstansi terkait.

“Imbauan untuk tidak mudik sekarang hampir sama dengan tahun lalu. Namun sistem pengawasan dan penindakan akan lebih diperketat,” tegas Narenda Agusta.

“Penyekatan itu mengantisipasi gelombang pemudik dari luar daerah, serta upaya mengendalikan penyebaran Covid-19 di Tabalong,” tambahnya.

Dalam teknis penyekatan, petugas akan mengecek berkas persyaratan perjalanan pengendara yang melintas.

“Teknis yang lebih detail akan menyusul, termasuk kemungkinan pemberlakuan putar balik atau sanksi lain,” pungkas Narendra.

Komentar