kesehatan

Amankah Anak Bermain Hujan? Simak Penjelasan Dokter

Bermain hujan menjadi hal yang disukai anak apalagi terkini beberapa wilayah di Indonesia sedang dilanda hujan.

Featured-Image
Ilustrasi anak bermain hujan. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Bermain hujan menjadi hal yang disukai anak apalagi terkini beberapa wilayah di Indonesia sedang dilanda hujan.

Namun, sebagai orang tua pasti mengkhawatirkan anaknya jika mandi hujan. Padahal mandi hujan bisa memberikan dampak positif bagi anak.

Dilansir dari Suara, Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A mengungkkapkan suatu hal yang sangat wajar jika anak tertarik dengan air, terlebih air yang jatuh dari langit atau dari atas di musim hujan.

"Jadi selama mandi hujannya di halaman rumah, di taman dan bukan di jalan nggak apa-apa, karena itu juga cara mereka belajar dan bermain," kata dr. Citra dalam acara Smart Mom Gathering & Playdate Biodef di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10).

Meskipun memperbolehkan, dr. Citra mengatakan bahwa tubuh anak belum memiliki termoregulasi atau kemampuan mengatur suhu dengan stabil. Hingga hasilnya anak akan mudah terkena flu setelah bermain hujan.

"Tubuh anak termoregulasinya belum sempurna, ini sebabnya setelah mandi hujan keesokan harinya anak suka flu," ujar dr. Citra.

Oleh karena itu, baiknya jika anak mandi hujan dibatasi hanya selama 4 hingga 10 menit, selanjutnya ia perlu membilas tubuhnya dengan mandi air bersih hingga kering.

"Kalau pakai baju basah lama-lama nanti flu, apalagi air hujan nggak bawa air doang, tapi juga bawa kuman bikin kotor. Tapi anak-anak nggak bisa dilarang juga, karena semakin dilarang semakin anak penasaran," ungkap dr. Citra.

Citra juga mengingatkan untuk selalu menggunakan sabun pembersih badan dengan bahan pelarut alami, sehingga bisa membuat tangan tetap lembab, tidak kering dan terhindar dari iritasi.

Penulis: Meili

Editor
Komentar