Hot Borneo

Akademis UNBL Sebut Mahasiswa Perlu Rencanakan Karir Masa Depan

Karakter seorang mahasiswa dalam menyiapkan bekal untuk masa depannya sangat penting.

Featured-Image
Wakil Rektor I Universitas Borneo Lestari (UNBL) Hasan Ismail, pada seminar Kreatif Mahasiswa Dalam Organisasi Untuk Pengembangan Karier di Aula Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin, Sabtu (1/10/2022). Foto-Uniska

apahabar.com, BANJARMASIN - Mahasiswa perlu menyiapkan karakter sebagai bekal masa depannya.

Mereka tidak cukup fokus kepada kegiatan akademis, tapi juga harus merencanakan karirnya.

"Melihat dari karakter mahasiswa saat ini berbeda dengan dulu, saat ini harus mengerti dengan teknologi yang menyesuaikan perkembangan zaman," ujar Wakil Rektor I Universitas Borneo Lestari (UNBL) Hasan Ismail, pada seminar Kreatif Mahasiswa Dalam Organisasi Untuk Pengembangan Karier di Aula Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin, Sabtu (1/10/2022).

Ia beranggapan bahwa tidak semua kemajuan teknologi yang dapat bermanfaat baik untuk mahasiswa. Misalnya seperti perbandingan kuliah online maupun offline yang lebih bermanfaat bagi mahasiswa.

Karena, bagi Hasan bahwa mahasiswa saat ini juga tetap memerlukan sentuhan komunikasi dari pengajar untuk menyesuaikan karir ke depannya. Hal ini agar mereka bisa menyesuaikan perkembangan zaman yang harus melek dengan teknologi.

"Karena diskusi, bergaul dan membangung jejaring itu jauh lebih penting untuk menentukan karir kedepannya," ucapnya.

Selain memberikan materi tentang Pengembangan Karier, kegiatan seminar tersebut juga menjadi momentum perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) FH Uniska dengan Fakultas Sosial dan Humaniora UNBL.

Dijelaskan, Hasan Ismail kerjasama ini mengikuti ajaran dalam tridarma perguruan tinggi serta pemanfaatan fasilitas yang mendukung.

"Sepert kerjasama tempat magang, penelitian dan tenaga pengajar yang berpengalaman di FH Uniska juga bisa mengajar nantinya di UNBL," jelasnya.

Sementara itu, Dekan FH Uniska Dr Afif Khalid, mengaku menyambut baik Mou itu dan berharap dari kerjasama tersebut bisa memberikan manfaat baik untuk kedua belah pihak.

"Kita sangat menyambut baik, semoga dengan MoU ini kita sama - sama bisa memajukan pendidikan," ujarnya.

Terlebih, melalui seminar ini mahasiswa juga sudah tidak bingung lagi dalam menentukan karier nya setelah lulus.

"Jadi mulai sekarang mereka sudah bisa menyiapkan bekal yang diperlukan untuk karirnya," pungkasnya.

Reporter : Bahaudin Qusairi

Editor
Komentar