Tips dan Trik

7 Tips Menghemat BBM Mobil, Agar Biaya Perjalanan Tidak Membengkak

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pastinya akan berdampak dengan pengeluaran untuk biaya perjalanan.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-beritagar

apahabar.com, BANJARMASIN - Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pastinya akan berdampak dengan pengeluaran untuk biaya perjalanan.

Para pengendara mobil pun harus putar otak bagaimana caranya tetap meminum BBM, namun tidak membuat bengkak pengeluaran biaya perjalanan dan tetap hemat.

Tak perlu khawatir, dilansir dari laman Auto2000, 7 tips ini bisa menghemat bahan bakar bagi pengendara mobil:

1. Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Tips pertama yakni dengan memanaskan mesin mobil agar putaran mesin menjadi stabil. Putaran mesin yang tidak stabil (fluktuatif) akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang cukup besar. Setidaknya putaran mesin kendaraan harus berada di 3000 RPM.

2. Tambah Kecepatan Secara Perlahan

Selanjutnya dengan menginjak pedal gas yang mendalam secara tiba-tiba akan membuat konsumsi BBM menjadi sangat besar. Agar konsumsi BBM efisien, bisa menaikkan laju kendaraan dengan menginjak pedal gas perlahan hingga mencapai kecepatan yang diinginkan.

3. Pertahankan Laju Kendaraan

Lalu berikutnya, mempertahankan kecepatan untuk membuat laju kendaraan dalam kondisi stabil dan konsisten. Mengemudi dalam kecepatan yang sangat tinggi kemudian mendadak menginjak pedal rem akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dari biasanya.

Oleh karena itu perhatikan kecepatan kendaraan. Perhitungkan jarak mobil yang satu dengan yang lain agar tidak perlu rem mendadak. Hal ini akan membuat BBM lebih efisien dan menjaga keselamatan selama berkendara di jalan.

4. Batasi Penggunaan AC Sesuai Kebutuhan

Berkendara saat matahari berada tepat di atas kepala memang mengakibatkan suhu meningkat di dalam mobil. Hal ini membuat banyak pengendara akan langsung mengatur suhu ke tingkat maksimal dan menyalakan semua AC yang ada.

Tindakan ini memang akan membuat suhu dalam mobil menurun dan lebih dingin, tetapi akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih banyak. Atur suhu AC mobil sesuai kebutuhan agar konsumsi BBM lebih irit.

5. Matikan Mesin Ketika Berhenti Lama

Mesin yang menyala tentu membutuhkan bahan bakar. Meskipun kendaraan dibiarkan diam dan tidak melaju, BBM akan terus digunakan supaya mesin bisa menyala. Sebaiknya akan lebih baik jika mematikan mesin di kala mobil berhenti selama 20 menit sampai 30 menit.

6. Kurangi Penggunaan Mobil untuk Jarak yang Dekat

Cara selanjutnya untuk menghemat bensin adalah dengan tidak mengendarai mobil jika bepergian dengan jarak yang dekat.

Mengendarai mobil untuk jarak yang dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efektif karena catalytic converter belum beroperasi sebagaimana mestinya. Catalytic converter baru dapat beroperasi sempurna saat melakukan perjalanan lebih dari 5 km.

7. Gunakan Gigi yang Tepat

Persneling yang ada di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan supaya mesin kendaraan bisa bekerja sesuai fungsinya. Namun tidak hanya karena mesin, penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien.

Contohnya penggunaan gigi empat atau lima pada saat menanjak akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros.

Nah itulah 7 tips menghemat pengeluaran BBM mobil agar tidak berdampak kepada pengeluaran biaya perjalanan yang membengkak. Selain itu, dengan sejumlah tips tersebut diharapkan dapat memelihara performa mobil agar nyaman saat mengendarai.

Editor
Komentar