5 Rekomendasi Makanan Enak di Kala Hujan

BMKG menyatakan musim hujan di Indonesia telah dimulai sejak awal September dan puncaknya akan terjadi di Desember 2022.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-99.co

apahabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim hujan di Indonesia telah dimulai sejak awal September dan puncaknya akan terjadi di Desember 2022.

Pada musim ini, cuaca akan menjadi lebih dingin dan tubuh menjadi cepat merasa lapar. Suhu dingin dikala musim hujan membuat tubuh perlu mengonsumsi makanan hangat.

Mengonsumsi makanan hangat di kala hujan tentu saja nikmat, bukan? Apa saja sih jenis makanan yang cocok disantap saat musim hujan?

Berikut 5 makanan hangat yang cocok disantap saat musim hujan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Mi Kuah

Mi kuah bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang cocok dikonsumsi saat hujan. Apalagi bagi anda pecinta pedas, mi kuah pedas tentu tak hanya menghangatkan badan, tapi juga menambah cita rasa makanan.

Makanan yang satu ini memang sangat nikmat disantap saat hujan datang dan cuaca dingin, apalagi ditambah topping seperti telur, sosis, dan sayuran. Maka, tidak heran kalau mi menjadi makanan yang paling laris dicari oleh banyak orang.

2. Bakso

Bakso dapat menjadi pilihan makanan yang paling sering dicari saat hujan. Bakso yang terdiri dari gilingan daging sapi atau ayam berbentuk bulat, dicampur berbagai bumbu dapur yang disajikan bersama mi, bihun, dan sayur-sayuran tentu cocok jadi teman dikala hujan.

Kuah bakso yang hangat tak hanya membuat hangat tubuh, tapi juga meninggalkan rasa gurih di lidah. Saat ini banyak ragam bakso yang bisa anda cicipi, mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso mercon, sampai bakso beranak.

3. Soto Ayam

Makanan berkuah yang satu ini tentu cocok menemani anda di saat hujan datang. Soto ayam dengan kuah berwarna kekuningan dari bumbu kunyit itu bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya, soto ayam berisi berbagai sayuran seperti kol, toge, dan tomat, kemudian diberi taburan ayam suwir dan telur.

4. Seblak

Seblak menjadi makanan pedas berkuah yang mudah dan praktis dibuat saat musim hujan. Makanan dengan cita rasa pedas ini dapat dibuat dengan mencampurkan kerupuk yang sudah direbus, bakso, telur, makaroni, sayuran, bumbu dapur, hingga bubuk cabai.

5. Wedang Ronde

Wedang ronde bisa dijadikan minuman yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Minuman ini terbuat dari rebusan air jahe yang dapat menghangatkan tubuh.

Selain menghangatkan, wedang ronde memiliki banyak khasiat untuk tubuh anda. Salah satunya dapat melegakan tenggorokan dan bisa membantu mencegah penyakit jantung dan kolestrol.

Penulis: Meili

Editor
Komentar