Hiburan

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Pengendara Mobil Saat Liburan Nataru

Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota baik untuk berlibur maupun mengunjungi sanak saudara.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

apahabar,com, BANJARMASIN - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota baik untuk berlibur maupun mengunjungi saudara.

Dan banyak orang-orang yang pergi keluar kota saat libur Nataru dengan menggunakan mobil pribadi.

Namun, bagi Anda yang berniat bepergian menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan nanti tetap aman dan nyaman.

Mengingat risiko kecelakaan lalu lintas di jalan bisa dibilang cukup tinggi jika pengemudi kurang berhati-hati.

Melansir dari laman Toyota via akurat.co, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengemudi di jalan tol saat libur Natal dan Tahun Baru.

1. Cek kondisi ban

Kondisi ban wajib dicek saat akan melakukan perjalanan jauh. Mengingat kejadian pecah ban bisa saja menghantui dan berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Oleh karenanya, cek kondisi tekanan angin ban sebelum berangkat, termasuk ban serep yang sering terlupakan. Tekanan angin ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan bisa kamu lihat di tire placard, di pilar pintu pengemudi.

2. Periksa sistem penerangan mobil

Kamu juga perlu memastikan fitur-fitur lampu penerangan mobil berfungsi semua seperti lampu utama, lampu sein, dan lampu kabut. Sebab, hanya dengan lampu, kamu bisa berkomunikasi dengan mobil-mobil lain di jalan tol dengan baik.

3. Perhatikan jumlah bahan bakar

Kemudian, pastikan bahan bakar cukup, meski di beberapa ruas menyediakan sejumlah rest area, tidak ada salahnya untuk memastikan bahan bakar tidak kosong.

4. Simpan nomor telepon darurat

Jangan lupa untuk menyimpan nomor darurat maupun derek resmi yang tersedia pada ruas tol yang kamu lewati serta pantau info lalu lintas lewat radio maupun media sosial yang bisa diakses via ponsel.

5. Terapkan safety driving

Hal yang paling penting adalah selalu menjalankan prinsip safety driving. Jalan tol yang terdiri dari beberapa jalur dan lurus sering menggoda pengendara untuk memacu mobil lebih kencang.

Editor
Komentar