Gaya Hidup

3 Jenis Olahraga Kardio yang Cocok untuk Bakar Lemak

Kamu ingin menurunkan berat badan? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga kardio secara rutin.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Kamu ingin menurunkan berat badan? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga kardio secara rutin. Aktivitas fisik ini disebut-sebut mampu membakar lemak, sehingga berat badan dapat menurun secara signifikan.

Pertanyaannya, jenis olahraga kardio apa saja yang efektif untuk membakar lemak? Berikut penjelasannya.

Akivitas fisik berupa kardio mampu meningkatkan detak jantung dan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Memang cara ini adalah bentuk latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan. Latihan ini berfokus pada detak jantung sebagai targetnya. Semakin banyak jantung berdetak, maka semakin banyak pula lemak yang dibakar.

Dilansir dari halodoc, dalam fase menurunkan berat badan, setiap orang membutuhkan 150-300 menit untuk melakukan aktivitas fisik selama 5 hari dalam seminggu. Kamu bisa membagi latihan ini dalam waktu yang lama atau mencicilnya menjadi beberapa kali dalam sehari. Contohnya, kamu bisa melakukannya 20 menit di pagi hari, 20 menit lainnya di siang hari, dan 20 menit setelah makan malam.

Berikut jenis olahraga kardio yang tepat untuk dilakukan agar berat badan menurun.

1. Berlari

Jenis olahraga kardio yang pertama adalah berlari. Aktivitas fisik ini sangat baik dalam membakar kalori paling banyak dalam waktu yang singkat. Bukan hanya membakar banyak kalori, dalam berlari juga dapat meningkatkan kecepatan dan intensitas agar memberikan penurunan kalori tubuh yang signifikan.

Kamu bisa melakukan olahraga ini di ruang terbuka, di atas treadmill, atau bisa dengan menaiki tangga. Berlari juga tidak membutuhkan alat apa pun selain sepatu.

2. Bersepeda

Olahraga bersepeda dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner. Dalam olahraga ini banyak sekali kalori yang bisa dibakar. Seseorang yang mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi dapat membakar hingga 1.000 kalori per jam. Namun, jika kecepatan yang dipilih sedang, kalori yang terbakar ada di kisaran 600 per jam.

3. Berenang

Saat berenang, seluruh tubuh mendapatkan latihan bahkan sejak menginjak air. Hal ini karena tubuh melawan gravitasi, jadi otot bekerja lebih keras agar dapat bertahan tanpa istirahat hingga keluar dari air.

Disebutkan jika berenang selama satu menit dapat membakar 14 kalori. Cobalah lakukan secara rutin agar berat badan mengalami penurunan signifikan.

Penulis: Meili

Editor
Komentar