Relax

19 September: Hari Bahasa Bajak Laut Sedunia, Kok Bisa?  

apahabar.com, JAKARTA – Penutup mata, topi hitam, dan bendera berlambang tengkorak adalah beberapa hal yang identik…

Featured-Image
Ilustrasi Bajak Laut (Foto:dok.disney)

apahabar.com, JAKARTA - Penutup mata, topi hitam, dan bendera berlambang tengkorak adalah beberapa hal yang identik dengan bajak laut. Namun tidak hanya atribut, gaya bicara dan suara tertawa yang khas juga memiliki aksen yang kerap ditiru di seluruh dunia.

Ternyata, gaya bicara bajak laut yang khas ini punya perayaan secara internasional. Tepatnya dikenal sebagai Hari Internasional Berbicara Seperti Bajak Laut yang diperingati setiap tanggal 19 September.

Lalu siapa sebenarnya pencetus dan bagaimana caranya hari berbicara seperti bajak laut dapat terbentuk.

Perompak yang Khas

Bajak laut atau yang biasa disebut perompak, adalah sekumpulan orang yang melakukan perampokan di lautan. Biasanya tujuan mereka hanya untuk mencari keuntungan semata dan tidak memperdulikan hukum.

Seperti yang diketahui pada jaman dulu, arus perdagangan seringkali dilakukan dengan menggunakan kapal. Hal ini membuat para bajak laut mengambil kesempatan untuk merampas milik para pedagang tersebut, terutama yang mengangkut emas dan perak.

Hari yang Terbentuk karena Insiden

Bicara mengenai lahirnya hari bicara seperti bajak laut, tidak akan lepas dari nama 2 orang pencetusnya yaitu John Baur (OI'Chumbucket) dan Mark Summers (Cap'n Slappy) yang berasal dari Albany, Oregon pada tahun 1955.

Saat itu kedua orang tersebut sedang bermain bola raket, dimana salah satu dari mereka mengalami cedera dan mengeluarkan suara "Aaarrr". Sejak itulah ide untuk hari bajak laut internasional tercetus .

Walaupun permainan tersebut berlangsung pada 6 Juni 1995, namun untuk menghormati pendaratan Normandia, keduanya pun memutuskan untuk memilih tanggal ulang tahun istri Summers yang akan lebih mudah diingat.

Dengan sedikit humor, pada tahun 2022 mereka mengirimkan surat tentang liburan kepada kolumnis humor sindikasi AS, Dave Barry.

Tidak disangka ternyata Barry menyukai ide tersebut dan menyetujuinya, yang akhirnya dilanjutkan dengan munculnya beberapa acara yang berlangsung di Amerika.

Perkembangan Karya Mengenai Bajak Laut

Dilansir dari nationaltoday.com, beberapa karya mengenai bajak laut sudah dimulai sejak munculnya novel berjudul Treasure Island pada tahun 1883 karya Robert Louis Stevenson. Dalam novel ini disebutkan beberapa ciri dari bajak laut seperti peta bertanda X, burung beo dan harta yang terkubur.

Dilanjutkan dengan karya dari Disney yang membuat film berjudul Pirates of the Carribbean, salah satu film yang menceritakan petualangan dari kapten Jack Sparrow yang begitu seru.

Tidak hanya novel ataupun film, karya mengenai bajak laut juga dihadirkan dalam bentuk manga dan anime yang sudah sangat terkenal yaitu "One Piece".

Karya ciptaan Eiichiro Oda tersebut menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Jadi begitulah asal-usul di balik lahirnya peringatan Hari Berbicara Seperti Bajak Laut, apakah Anda tertarik untuk merayakannya juga?

Komentar