Gaya Hidup

10 Tips Menghadapi Banjir!

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang jadi momok oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Featured-Image
Ilustrasi Banjir. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Banjir merupakan salah satu bencana alam yang jadi momok oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Bahkan di beberapa wilayah, banjir telah jadi bencana 'langganan' yang harus dihadapi setiap tahunnya terutama saat musim hujan tiba. Maka dari itu kalian perlu tahu tips menghadapi banjir yang benar.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah dekat dengan laut atau sungai tentu harus menghadapi bencana banjir ini dengan persiapan yang baik.

Berikut 10 tips menghadapi banjir melansir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

1. Letakkan Surat-surat Berharga di Tempat yang Paling Tinggi

Pastikan Anda menyimpan dokumen dan surat-surat berharga di lemari atau tempat paling tinggi dan tidak terjangkau banjir.

Hal ini dilakukan agar surat dan dokumen penting tersebut tidak terendam maupun rusak saat banjir menyerang. Terlebih ketika Anda tidak di rumah saat banjir datang.

2. Amankan Saluran Listrik dan Barang Elektronik

Biasakan untuk mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak agar terhindar dari risiko konsleting listrik. Selain itu, usahakan posisi stop kontak di tempat yang tinggi dan tidak terjangkau banjir.

3. Mendahulukan Keselamatan Anggota Keluarga yang Sakit, Lansia, dan Anak-anak

Umumnya, pertolongan ekstra dibutuhkan untuk menyelamatkan keluarga yang sakit, lansia, dan anak-anak saat terjadi banjir.

Oleh karenanya, pastikan Anda telah menyediakan alat-alat kesehatan, seperti P3K, pelampung, perahu karet dan memprioritaskan keluarga yang sakit, lansia, dan anak untuk mengungsi.

4. Update Informasi dengan Sekitar

Selalu update informasi terbaru tentang kondisi air sungai maupun air laut di sekitar wilayah Anda.

Biasanya petugas lingkungan bersama warga dan lembaga sosial telah mengantisipasi hal ini dengan memberikan informasi lanjut sebelum banjir menerjang.

5. Barang yang Harus Dibawa saat Banjir

Bawa perlengkapan dan barang penting seperti pakaian, alat komunikasi, uang, p3K dan dokumen penting. Tetap tenang saat menghadapi banjir.

Komunikasi dan bekerja sama untuk saling mengingatkan dan saling membantu satu sama lain.

HALAMAN
12
Editor
Komentar